Kartika E.H.
Kartika E.H. Wiraswasta

... penikmat budaya nusantara, buku cerita, kopi nashittel (panas pahit kentel) serta kuliner berkuah kaldu ... ingin sekali keliling Indonesia! Email : kaekaha.4277@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN Artikel Utama

Panjangnya Kalimat Permintaan Maaf Urang Banjar

22 Mei 2020   20:53 Diperbarui: 23 Mei 2020   16:44 6249
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Panjangnya Kalimat Permintaan Maaf Urang Banjar
Interaksi di Pasar Terapung | @kaekaha

Minta maaf, minta ikhlas, minta ridha, minta halal!

Begitulah tradisi unik yang sering terdengar dari percakapan dengan teman, sahabat, tetangga, keluarga,  juga istri saya sendiri ketika mereka (Urang Banjar), bertemu dengan seseorang yang kebetulan lama tidak bertemu atau kebetulan ada interaksi lebih spesifik sebelumnya. 

Interaksi spesifik yang saya maksudkan disini bisa benar-benar interaksi atau komunikasi (muamallah) biasa yang karena sesuatu sebab menjadi terputus baik disengaja maupun tidak untuk waktu sebentar maupun lama. 

Misalkan ketemu tetangga yang sudah lama pindah rumah, biasanya setelah puas kangen-kangenan dan mau berpisah, sebelum saling mengucap salam pasti sama-sama mengucap minta maaf, minta ikhlas, minta ridha, minta halal! secara bergantian dengan maksud diantara mereka tidak ada lagi beban dan tanggungan dosa menggantung.

Selain itu, bisa juga interaksi yang diawali dengan transaksi jual-beli atau juga pinjam meminjam. Biasanya, setelah mengucapkan akad (jual beli, tukar-jual khas Urang Banjar) selalu diakhiri dengan ucapan saling minta maaf, minta ikhlas, minta ridha, minta halal! Maksudnya kurang lebih sama, sama-sama ikhlas dan mengikhlaskan barang yang dijual/dibeli atau sama-sama mengikhlaskan barang yang dipinjam/dipinjamkan.

Tidak hanya itu, bahkan para pengemis atau peminta-minta yang diberi sedekah, setelah mengucapkan terima kasih, biasanya mereka juga menambahkan ucapan  minta maaf, minta ikhlas, minta ridha, minta halal! Maksudnya kurang lebih juga samauang/barang yang diterima/diberikan semakin benar-benar dikhlaskan bulat-bulat agar semakin berkah dan bermanfaat.

Memang, tradisi bertuah ini layaknya tradisi-tradisi tua khas nusantara lainnya yang tergolong spesies "hidup segan mati tak mau", mulai terseok-seok dan ditinggalkan oleh pemakai, pengguna dan penikmatnya. 

Kalau saya amati, pengguna dan penikmatnya relatif tinggal para tetuha dan  masyarakat di kampung-kampung di daerah pahuluan atau daerah hulu sungai di bagian utara Kalimantan Selatan dan juga komunitas masyarakat Banjar di perkampungan pesisir sungai, termasuk di Pasar Terapung Lok Baintan yang diantara pedagang, juga masih sering bertransaksi secara tradisional, barter yang biasanya juga diakhiri dengan menguncapkan minta maaf, minta ikhlas, minta ridha, minta halal! 

Jadi kalau dicermati, keunikan tradisi permintaan maaf khas Urang Banjar ini sifatnya "realtime" atau setiap saat dan saat itu juga serta tidak harus diawali dengan sebuah kesalahan atau sekedar perasaaan bersalah, tapi sebuah kesadaran kolektif yang dibangun sebagai sikap kehati-hatian untuk menjaga diri dari kesalahan termasuk perbuatan dosa kepada orang lain yang tidak disadari atau tidak disengaja. 

neka Panggilan Allah untuk Manusia | annajah.com
neka Panggilan Allah untuk Manusia | annajah.com
Konsep Waktu Urang Banjar
Kesadaran diri yang bersifat kolektif ala Urang Banjar berupa tradisi meminta maaf dengan kelengkapan kalimat yang relatif panjang tersebut, sepertinya tidak lepas dari konsep waktu ala Urang Banjar yang tidak kalah unik dan inspiratifnya, yaitu ungkapan "Umur tidak berbau" (teks asli bahasa Banjar "Umur Kada Babau"), yaitu ungkapan bahari (tua) yang secara umum bisa dimaknai sebagai ajal atau maut bisa datang kapan saja. 

Sebuah ungkapan sugestif paling populer di kalangan masyarakat Banjar setelah Lafaz  Inna Lillahi wa inna ilaihi raji'un  ketika ada kabar kematian yang menurut para tetuha (orang tua/yang dituakan/pemuka agama), terinspirasi dari hadist nabi HR. Ibnu Majah no. 4259 (Hasan menurut Syaikh Al Albani).

Dari Ibnu ‘Umar, ia berkata, “Aku pernah bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu seorang Anshor mendatangi beliau, ia memberi salam dan bertanya, “Wahai Rasulullah, mukmin manakah yang paling baik?” Beliau bersabda, “Yang paling baik akhlaknya.” “Lalu mukmin manakah yang paling cerdas?”, ia kembali bertanya. Beliau bersabda, “Yang paling banyak mengingat kematian dan yang paling baik dalam mempersiapkan diri untuk alam berikutnya, itulah mereka yang paling cerdas.” 

Ungkapan bertuah ini, sejak lama menjadi sugesti Urang Banjar "untuk selalu ingat mati", maksudnya menyadari bahwa malaikat maut bisa datang kapan saja! Dengan begitu diyakini bisa melembutkan hati, qana’ah, mendorong selalu husnudzan dan terpenting lebih berhati-hati dalam proses ber-muamallah (Hablumminannas maupun Hablumminallah).

Dengan begitu, selain terus berusaha dan berinisiatif untuk selalu menyegerakan/mendahulukan semua niat dan amalan baik, terutama dalam urusan ibadah seperti sholat, naik haji dan umrah (sepertinya konsep waktu ini juga yang menyebabkan antrian haji di Kalimantan Selatan menjadi yang terlama di Indonesia, lebih dari 30 tahun), Urang Banjar juga tersugesti untuk sesering dan sesegera mungkin meminta minta maaf, minta ikhlas, minta ridha, minta halal sebelum ajal menjemput. 

Jukung Perahu Tradisional Banjar | @kaekaha
Jukung Perahu Tradisional Banjar | @kaekaha
Urang Banjar dan Islam
Sudah menjadi rahasia umum, bila Urang Banjar penduduk mayoritas Propinsi Kalimantan Selatan, mempunyai kedekatan historis dan budaya yang begitu kuat dengan Islam. 

Bahkan saking dekat dan kuatnya, relatif susah untuk sekadar mendapatkan garis "pemisah" di antara keduanya. Ini yang mendasari sebagian besar tradisi budaya Urang Banjar banyak dipengaruhi oleh syariat Islam berikut tradisi budaya yang dibawanya.

Bahkan, kedekatan Islam dengan Urang Banjar ini, diilustrasikan dengan cantik oleh antropolog Judith Nagata, sebagai salah satu suku di Indonesia yang identitas kesukuannya bertumpang tindih dengan identitas keagamaan, "Agama ya suku, suku ya agama"

Maka tidak heran jika dalam keseharian masyarakat Banjar, sampai saat ini relatif tetap terjaga berbagai tradisi lokal nan unik yang konstruksinya dibangun dengan mengambil sekaligus memanfaatkan simbol-simbol ritual agama Islam, baik diambil sebagian maupun secara keseluruhan, termasuk panjangnya kalimat permintaan maaf di atas yang Insha Allah, selalu meluncur disaat yang tepat. Wallahu A’lamu bis Shawab.

Jadi, saya minta maaf, minta ikhlas, minta ridha, minta halal ya!

Taqabbalallahu minna wa minkum 
Selamat Idul Fitri 1441 H

Kompasianer Banua Kalimantan Selatan | KOMBATAN
Kompasianer Banua Kalimantan Selatan | KOMBATAN

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun