Dodi Kurniawan
Dodi Kurniawan Guru

Cogito ergo sum

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Matematika

26 April 2022   10:11 Diperbarui: 26 April 2022   11:12 547 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

"In mathematics, the art of proposing a question must be held of higher value than solving it."

Georg Cantor (1845-1918)

Matematika itu universal, seperti halnya film dan musik, begitu menurut Frank Capra. Ia adalah aktor berkebangsaan Amerika yang berdarah Italia. Film terakhir yang ia perankan tahun 1961, Pocketful of Miracles, 10 tahun sebelum penulis lahir.

Matematika itu seindah seni. Dan layaknya seni, kita setidaknya akan terbagi dua: seniman dan penikmat seni. Saya berada di lapis terbawah dasar piramida penikmat seni yang bernama matematika tersebut. Namun, meski demikian, bersyukur sekali saat masih bisa tergetar saat menafakuri kata-kata Geog Cantor, matematikawan asal Jerman yang mempopulerkan teori himpunan bahwa seni mengajukan sebuah pertanyaan mestinya dinilai lebih tinggi daripada seni dalam penyelesaiannya.

Kata-kata ini, meski dari perspektif yang berbeda, dinyatakan oleh Sokrates bahwa memahami sebuah pertanyaan adalah setengah dari sebuah jawaban. Sebuah pepatah lawas dengan tepat menasehatkan kepada kita bahwa pertanyaan yang salah akan membawa kepada jawaban yang salah. Lebih jauh lagi, fisikawan Richard Feynman menandaskan bahwa baginya pertanyaan yang tidak (atau belum) berjawab jauh lebih ia sukai daripada jawaban yang tidak bisa dipertanyakan. Kesemua kutipan tadi mengukuhkan posisi kita, manusia, sebagai makhluk yang bertanya.

Soal Ujian Matematika yang Menjadi Viral

Beberapa hari lalu, saya membaca sebuah berita di sebuah media online, sebuah berita yang dirilis tahun 2018. Ternyata empat tahun lalu berita ini sempat viral di media internasional. Kompas menurunkan liputannya dengan judul Soal Ujian Matematika Kelas V SD di China Ini Dianggap Tak Masuk Akal. Soal yang dimaksud dalam berita tersebut bunyinya seperti ini: Jika sebuah kapal berisi 26 domba dan 10 kambing, berapakah usia nakhoda kapal tersebut?

Terlepas dari hebohnya dunia maya, jawaban dari para siswa pun tak kalah menariknya. "Kapten kapal setidaknya harus berusia 18 tahun karena anak di bawah umur tidak diperbolehkan untuk mengoperasikan sebuah kapal," jawab salah satu siswa.

Siswa lainnya menjawab dengan sedikit lucu. "Kapten kapal berusia 36 tahun karena dia orang yang narsis dan membawa hewan ternak yang sesuai dengan usianya," jawab siswa itu.

Dari Weibo, jejaring sosial mirip Facebook di China, salah satu penggunanya sebagaimana dikutip BBC news article menawarkan jawaban yang bersifat deduktif berikut ini:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan