cipto lelono
cipto lelono Guru

Menulis sebaiknya menjadi hobi

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Artikel Utama

3 Hal Ini Penting Ditingkatkan Selama Bulan Syawal

6 Mei 2022   16:19 Diperbarui: 7 Mei 2022   00:08 3111 57 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Puasa hakikinya upaya meningkatkan kualitas diri. Kualitas diri hakikinya adalah efek ketakwaan yang diperoleh seseorang setelah menjalankan puasa selama satu bulan. Sehingga ketika kualitas diri meningkat, maka takwa seseorang juga meningkat. Ketakwaan seseorang yang meningkat akan ditandai dengan makin produkktifnya jiwa seseorang.

Jiwa yang poduktif akan ditandai dengan makin terbukanya pada semua hal yang dapat membersihkan jiwanya.

Jiwa yang terbuka akan mendorong pemiliknya semakin cerdas dalam membangun hubungan secara vertikal (hablum minalloh) dan hubungan secara horizontal (hablum minnas).

Membasuh jiwa bukan persoalan mudah. Upaya ini memerlukan kesadaran, kesabaran dan sikap istoqomah (proses yang terus menerus). Hal ini tentu berdeda jauh dibanding dengan  membasuh badan (raga, fisik).

Oleh sebab itu dalam setiap ibadah yang diperintahkan dalam Islam, hakikinya adalah bersihnya jiwa seseorang dari kotoran-kotoran yang membahayakan.

Karenanya ketika memasuki bulan syawal, perlu kiranya meningkatkan kualitas diri agar bisa kembali pada jati diri sebagai manusia yang suci, bersih dari noda dan dosa.

3 hal penting yang perlu ditingkatkan

Bulan syawal adalah bulan peningkatan. Bulan ini menempati posisi penting. Sebab keberadaanya berada setelah bulan suci Ramadhan. Bulan yang ditandai sekian banyak aktivitas pengasahan jiwa.

Oleh sebab itu bulan syawal merupakan bulan peningkatan dari hal-hal yang diperoleh pada saat bulan ramadhan. Paling tidak ada tiga hal penting yang relevan dengan proses bulan Ramadhan yang perlu ditingkatkan.

1) Jiwa pemaaf

Salah satu proses ibadah bulan suci ramadhan adalah memohon ampunan atas semua dosa. Diterimanya permohonan ampunan orang yang berpuasa merupakan suatu keberkahan dan keberhasilan perjalanan spiritual seorang hamba. Bahkan ampunan dosa itulah yang menjadi puncak kemenangan.

Sebab orang-orang yang demikian yang dipastikan bebas dari api neraka, seperti doa yang selalu dibacakan di sela-sela saalat tarawih. Orang yang berhasil mendapat ampunan inilah  profil utama orang yang bertakwa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan