Casmudi
Casmudi Full Time Blogger

Travel and Lifestyle Blogger I Kompasianer Bali I Danone Blogger Academy 3 I Finalis Bisnis Indonesia Writing Contest 2015 & 2019 I Netizen MPR 2018

Selanjutnya

Tutup

Video Ramadan Lebaran Pilihan

5 Gerakan Ringan yang Menyehatkan Saat Berpuasa di Bulan Ramadan

29 April 2021   16:42 Diperbarui: 29 April 2021   16:47 346 2 0
Lihat foto
5 Gerakan Ringan yang Menyehatkan Saat Berpuasa di Bulan Ramadan
Olahraga ringan yang menyehatkan saat berpuasa di bulan Ramadan (Sumber: dokumen pribadi)

Saya melihat jam digital di Smartphone menunjukan angka 14.50. Hari ini, kondisi cuaca Kota Denpasar benar-benar terik. Terasa panas sekali, saat saya mencoba aktifitas di luar ruangan. Karena, takut dehidrasi yang berlebihan, maka saya mencoba melakukan aktifitas olahraga ringan di dalam ruangan.

Namun, di dalam ruangan pun masih terasa hawa panasnya. Tetapi, tidak sampai membuat badan menjadi dehidrasi yang berlebihan. Saya pun menyempatkan untuk melakukan olahraga atau gerakan ringan. Agar, badan tetap sehat di bulan Ramadan.

Saya memahami bahwa melakukan olahraga yang berat seperti berlari di luar ruangan bisa membuat over kehausan. Oleh sebab itu, olahraga ringan dalam ruangan adalah solusi tepat. Ada 5 jenis gerakan ringan yang menyehatkan badan, yaitu:  

MELENTURKAN TANGAN

Gerakan pertama yang saya lakukan adalah melenturkan kedua tangan. Caranya mudah, anda tinggal regangkan tangan secara bergantian. Saat anda meregangkan tangan kanan ke arah kiri, maka tangan kiri regangkan ke atas di depan tangan kanan. Begitu sebaliknya, anda bisa melakukannya secara berulang-ulang.

Gerakan melenturkan tangan ini bukan hanya untuk melancarkan aliran darah di bagian tangan. Tetapi, sangat bermanfaat untuk melenturkan tulang belikat atau pangkal tangan. Gerakan ini sangat cocok untuk menghindari tangan kaku. Apalagi, saat anda berusan mengangkat beban berat dengan tangan.

 

MELENTURKAN LEHER

Gerakan ringan yang kedua adalah gerakan melenturkan leher. Caranya mudah, anda tinggal gerakan leher ke kiri dan kanan secara bergantian. Lakukan secara berulang-ulang, hingga leher terasa lemas atau lentur.

Anda juga bisa menggerakan leher dengan model memutar ke arah kiri dan ke kanan secara berulang-ulang. Gerakan tersebut sangat cocok untuk melenturkan leher karena posisi tidur yang salah. Di mana, leher terasa kaku, tidak bisa digerakan secara normal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN