Zata Zein
Zata Zein Mahasiswa

Mahasiswa Jurusan Manajemen Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Indahnya Berbagi Menyejukkan Hati

17 Mei 2021   17:57 Diperbarui: 17 Mei 2021   18:05 396 3 1

Dokpri
Dokpri
Sejatinya menjadi makhluk sosial adalah makhluk yang saling membutuhkan satu sama lain. Diantara mereka saling bergantungan, mustahil jika seorang dimuka bumi ini hidup tanpa bantuan dari orang lain. Mereka tentu akan kesulitan mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Contohnya saja seorang perempuan tidak akan pernah bisa melahirkan anaknya sendiri tanpa bantuan orang lain, seorang pasien tidak akan bisa sembuh tanpa bantuan dari seorang dokter. Sebagai makhluk sosial sendiri diajarkan bagaimana cara bersikap, beretika, saling tolong menolong, dan berbagi sesama diantaranya.

Sebagai generasi muda bangsa Indonesia kita patut memberi contoh yang baik didalam kehidupan masyarakat. Kita sebagai pemuda pemudi harus peka dengan lingkungan sekitar dan memanfaatkan kegiatan-kegiatan positif untuk membangun karakter kita sendiri, melatih jiwa peka terhadap sesama yang bernilai kemanusiaan, dan dapat dijadikan motivasi untuk orang lain mengikuti dan mencontoh kegiatan positif yang kita lakukan atau kita adakan. Untuk melatih jiwa kemanusiaan kita dapat dapat dimulai dari hal kecil. Contohnya seperti menawarkan bantuan, berterimakasih dan membalas kebaikan yang telah diberikan oranglain kepada kita, dan masih banyak lagi. Hal tersebut bisa kita lakukan untuk membangun karakter dan melatih jiwa kemanusiaan kita.

Di bulan Ramadhan bulan yang penuh berkah biasanya identik dengan berbagi, saling tolong menolong dalam kebaikan untuk meningkatkan keimanan dan kualitas diri kita kepada Sang Pencipta. Biasanya di Indonesia sendiri kerap terdapat acara seperti bagi-bagi kotak nasi, takjil, jualan takjil prasmanan, berbagi sembako. Memang di bulan Ramadhan ini menjadi perlombaan untuk berbuat kebaikan.

Saya dan alumni tim kelas 12 IPS 11 SMAN 1 Kedungwaru membentuk tim untuk mengadakan acara berbagi di bulan Ramadhan. Kami memilih untuk berbagi kotak nasi. Dana yang digunakan untuk acara ini merupakan dana dari iuran semua tim. Kotak nasi ini diberikan kepada Ta'mir Masjid Al-Hikmah untuk dibagikan kepada orang-orang yang sedang melakukan tadarus Al-Qur'an di malam hari setelah shalat Tarawih. Untuk sisanya tim kami membagikan nasi tersebut kepada orang yang lalu lalang disekitar Jalan Raya Boyolangu. Tim kami memanfaatkan bulan ramadhan ini untuk menabung amal kebaikan dengan cara mengadakan acara bagi-bagi kotak nasi. Acara berbagi ini sudah dijalankan selama 2 tahun terakhir, untuk ramadhan tahun depan diupayakan acara ini tetap ada dan bisa lebih baik lagi pelaksanaannya. Acara ini juga menjadi ajang untuk silaturahmi bersama alumni IPS 11 SMAN 1 Kedungwaru. Selain itu sebagai bentuk upaya kita sebagai manusia untuk saling berbagi kebaikan.

Dengan demikian, menjadi makhluk sosial harus senantiasa menjunjung tinggi sifat kemanusiaan kita. Sifat kemanusiaan ini tentunya ada pada setiap manusia yang memiliki rasa empati, peduli pada orang lain, keluarga, maupun lingkungan sekitarnya. Jadi, setiap manusia pasti memiliki rasa atau sifat kemanusiaan meskipun dalam bentuk yang kecil. Untuk mengembangkan sifat kemanusiaan yang ada pada diri kita tentunya harus dilatih mulai dari hal-hal kecil seperti berbuat kebaikan kepada siapapun tanpa pandang hulu. Kemanusiaan sendiri merupakan bentuk perdaimaian yang nyata dimana manusia yang satu dengan yang lainnya saling menjaga kedamaian agar hidup sejahtera. Dari kegiatan saling berbagi di bulan Ramadhan yang dijelaskan diatas merupakan bentuk dari sifat kemanusiaan yang senantiasa harus tetap terjaga. Junjunglah tinggi sifat kemanusiaan dalam kehidupan bemasyarakat agar kita senantiasa dapat hidup berdampingan dengan kerukunan, kesejahteraan yang terjaga.

VIDEO PILIHAN