Yuni Refi
Yuni Refi Mahasiswa

be yourself

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Tularkan Senyuman Melalui Takjil

28 Mei 2021   06:14 Diperbarui: 28 Mei 2021   10:58 598 3 1
Lihat foto
Tularkan Senyuman Melalui Takjil
Dok. Pribadi

Penyebaran COVID-19 yang masih terjadi di Indonesia ini tentu memiliki banyak dampak yang belum terselesaikan. Salah satu bidang yang terdampak secara langsung yaitu bidang ekonomi. Dengan keterbatasan keadaan, banyak pegawai yang dirumahkan sehingga memunculkan banyaknya pengangguran yang mengalami kesulitan dalam perekonomian mereka.

Salah satu kegiatan kecil yang dapat membantu mengatasi kesulitan mereka yaitu dengan berbagi rezeki yang kita miliki. Sesuatu yang kita anggap kecil mungkin bisa berarti besar bagi orang lain. Oleh karena itu, saya melakukan kegiatan kecil dengan berbagi takjil di bulan ramadhan kemarin. Pembagian takjil ini dilakukan di daerah sekitar tempat tinggal pada sore hari, bertepatan dengan ramainya jalan oleh pulangnya para pekerja dan warga yang keluar mencari makanan untuk buka puasa.

Kegiatan  berbagi takjil merupakan kegiatan yang banyak kita jumpai di bulan Ramadhan. Hal ini membuktikan masih banyak orang baik di sekitar kita yang peduli dengan sesama. Dengan membagikan sedikit rezeki yang kita miliki, kita dapat membantu warga yang sedang mengalami kesulitan dalam ekonominya. Berbgai takjil ini juga dapat mengungkapkan rasa syukur kita akan hidup yang kita jalani dengan baik.

Dalam agama islam juga terdapat ayat dalam Al-Qur'an yang mengatakan bahwa jangan takut berbagi, karena dengan berbagi harta kita akan dilipatgandakan. Hal ini tercantum dalam Q.S. Saba ayat 39 yang memiliki arti: Katakanlah: "Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya diantara hamba-hambaNya dan menyempitkan bagi(siapa yang dikehendaki-nya)". Dan barang apa saja yang kamu bagikan maka Allah akan menggantinya karena Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya."

Dalam hadits juga dikatakan bahwa "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain". Hal ini mendorong kita sebagai manusia untuk berbuat kebaikan dengan berbagi kepada orang lain. Dengan berbagi kita akan menjadi individu yang bermanfaat bagi orang lain serta meningkatkan kepedulian kita terhadap sesama

Sebagai makhluk sosial kita juga perlu berbagi dikarenakan setiap individu selalu membutuhkan individu lainnya. Kegiatan berbagi takjil ini juga dapat membantu individu yang terdampak ekonominya oleh penyebaran pandemi covid. Hal ini juga dapat membantu sedikit tugas pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat, walaupun yang dilakukan hanya dalam lingkup kecil. Dan yang paling penting dari kegiatan berbagi takjil ini bisa membuat orang orang lain tersenyum.

VIDEO PILIHAN