Yulvina Dwi Kurniaty
Yulvina Dwi Kurniaty Mahasiswa

if u can dream it, u can do it

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Berkah Buka Puasa Bersama di Bulan Ramadhan

17 Mei 2021   15:02 Diperbarui: 17 Mei 2021   15:00 224 2 0
Lihat foto
Berkah Buka Puasa Bersama di Bulan Ramadhan
Gambar: mks.uinstsjambi

Penulis : Efni Anita, S.E., M.E,Sy dan Dr. Titin Agustin Nengsih, M.SI

Bersedekah memiliki sejumlah keutamaan, tidak hanya bagi si penerima, namun juga bagi yang menyisihkan hartanya. Orang yang bersedekah akan senantiasa merasa tenang hatinya. Allah juga menjanjikan banyak keutamaan bagi orang yang berbagi dengan anak yatim dan orang yang tidak mampu. Mulai dari menghapus dosa, naungan di hari akhir, keberkahan pada harta, terbebas dari siksa kubur, dan menjauhkan diri dari api neraka.

Di bulan puasa Ramadhan banyak orang yang bersedekah seperti memberi makanan untuk berbuka puasa ke jalanan, panti asuhan, dll.

Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga." (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Gambar: mks.uinstsjambi
Gambar: mks.uinstsjambi
Prodi Manajemen Keuangan Syariah dalam hal ini ikut serta berbagi dengan anak panti asuhan. Panti yang menjadi tempat Prodi MKS berbagi makanan untuk berbuka puasa adalah panti asuhan askar kauny  kota jambi. Tak hanya itu, Prodi MKS juga membuat kegiatan berbuka bersama anak -- anak yang berada di panti asuhan tsb. Kegiatan ini dibuat dengan dana yang dikumpulkan dari donatur, karena sebelumnya Prodi MKS membuat flayer untuk donasi Uang Receh yang hasilnya akan dibelikan makanan untuk anak-anak panti tsb. Dengan diadakannya kegiatan sosial seperti ini, diharapkan bisa meningkatkan jiwa sosial dan semangat masyarakat untuk lebih berbagi lagi.   

VIDEO PILIHAN