Yantanamas Two Robby
Yantanamas Two Robby Mahasiswa

you can call me oby

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Mencari Berkah Ramadhan, Alumni Siswa Skariga (SMK PGRI 3 Malang) Berbagi Takjil di Kota Batu

25 Mei 2021   18:00 Diperbarui: 25 Mei 2021   18:04 257 1 0
Lihat foto
Mencari Berkah Ramadhan, Alumni Siswa Skariga (SMK PGRI 3 Malang) Berbagi Takjil di Kota Batu
dokumentasi pribadi

Bulan suci Ramadhan merupakan kesempatan bagi setiap hamba Allah untuk lebih meningkatkan ketakwaan, dikarenakan bulan ini memiliki beberapa keutamaan atau manfaat seperti berikut ini:

Ramadhan bulan diturunkannya Al-Qur'an. Ramadhan merupakan syahrul Quran (bulan Al-Qur'an). Diturunkannya Al-Qur'an pada bulan Ramadhan menjadi bukti nyata atas kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadhan. Allah SWT berfirman yang artinya : "Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)." (QS. Al-Baqarah: 185).

Bulan penuh keberkahan. Bulan ini disebut juga dengan bulan syahrun mubarak. Hal ini adalah berdasarkan pada dalil hadist Nabi Muhammad SAW yang artinya : "Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian." (HR. Ahmad, An-Nasa'i dan Al-Baihaqi). Dan juga bahwa setiap ibadah yang dilakukan di bulan Ramdhan, maka Allah akan melipat gandalan pahalanya.

Dan didalam bulan penuh kemuliaan dan keberkahan ini maka tidak hanya keberkahan didalam menuai pahala, namun banyak keberkahan lainnya. Puasa ditinjau dari aspek ekonomi, maka Ramadhan memberi keberkahan ekonomi bagi para pedagang dan lainnya. Bagi fakir miskin, Ramadhan membawa keberkahan tersendiri. Pada bulan ini seoranh muslim sangat digalakkan dan disunnahkan untuk berinfaq dan bersedekah dibulan Ramadhan kepada mereka. Bahkan diwajibkan membayar zakat fitrah untuk mereka.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinantikan oleh umat muslim diseluruh dunia. Pada bulan suci Ramadhan uman muslim berlomba-lomba untuk menebarkan kebaikan dan mengumpulkan pahala. Bulan Ramadhan juga dimanfaatlan berbagai kalangan untuk saling berbagi dengan sesama. Bagi umat muslim, memberi makanan dan minuman bagi orang lain yang hendak berbuka puasa menjadi kewajiban meskipun hanya seteguk air. Sehingga, dibeberapa tempat seringkali ditemui takjil gratis uang disediakan oleh orang yang ingin berbagi di bulan Ramadhan. 

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Melakukan kebaikan dapat dilakukan oleh siapa saja, dimana saja, dan kepada siapa saja. Hal ini dijadikan pengingat oleh seluruh umat muslim terutama anak muda zaman sekarang atau yang sering kita sebut milenial melakukan aksi kebaikan di bulan Ramadhan. Akhir-akhir ini banyak milenial yang memanfaatkan waktu menunggu waktu berbuka puasa (ngabuburit) agar tidak terbuang sia-sia sambil berbagi takjil. Hal tersebut adalah suatu hal uang perlu diacungi jempol. Seperti yang terlihat dari video-video yang diunggah di aplikasi TikTok yang merekam aksi kebaikan dari sekumpulan anak muda yang berbagi takjil, hal ini membuat anak muda yang lainnya terinspirasi juga untuk melakukan kenaikan dengan berbagi disekitar daerah mereka masing-masing. Selain itu tidak jarang pula kita melihat, milenial membagikan takjil dipinggir jalan menjelang berbuka kepada siapa saja yang lewat di jalan tersebut. Hal ini menjadi tren positif milenial untuk menebarkan kebaikan dan berbagi dengan sesama.
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Seperti halnya yang dilakukan oleh Alumni Siswa Skariga (SMK PGRI 3 Malang) yang sedang ingin mendapatkan berkah ramadhan pada tahun ini dengan menjalankan kegiatan Takjil on the rod atau yang bisa disebut juga berbagi takjil di jalanan.

Kegiatan Takjil on the road ini dilaksanakan di Perempatan Lampu Merah Pesanggrahan Kota Batu pada hari Minggu 9 Mei 2021, dimana pada Takjil on the road kali ini kami membagikan 1000 bungkus roti dan teh gelas kepada pejalan kaki, pengguna kendaraan bermotor dan pengendara yang melintasi sekitaran Perempatan Lampu Merah Pesanggrahan Kota Batu.

Mita Nur Fadillah selaku koordinator Takjil on the road mengungkapkan kegiatan ini sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT atas semua kenikmatan serta masih diberikan kesempatan untuk menjalani ibadah puasa ditahun ini dan untuk meningkatkn rasa kepedulian antar sesama umat manusia.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Kegiatan ini sekaligus menjadikan untuk mempererat tali silaturahmi kepada sesama Alumni Siswa Skariga (SMK PGRI 3 Malang). Dimana pada kegiatan ini dihadiri oleh 50 orang Alumni Siswa Skariga (SMK PGRI 3 Malang). Semoga tali persaudaraan ini selalu senantiasa terjalin terus hingga tua nanti, Amin.

VIDEO PILIHAN