Warkasa1919
Warkasa1919 Nelayan

Aku percaya setiap orang pasti memiliki cerita sendiri-sendiri di dalam hidupnya. Kata orang, setiap cerita pasti ada akhirnya, namun dalam cerita hidupku, akhir cerita adalah awal mula kehidupanku yang baru. https://warkasa.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Rindu Silaturahmi dan Kenakalan Mereka

26 Mei 2020   16:48 Diperbarui: 26 Mei 2020   16:48 90 21 1
Lihat foto
Rindu Silaturahmi dan Kenakalan Mereka
Ilustrasi gambar oleh kaltim.idntimes.com

Memang Idul Fitri 1441 Hijriah yang sudah kita rayakan pada hari Minggu, 24 Mei 2020 lalu merupakan momen Idul Fitri yang paling berbeda dari momen-momen hari raya sebelumnya. Bukan hanya kita, presenter dan jurnalis Najwa Shihab juga ternyata merasakan hal yang sama, merasakan suasana Lebaran di rumah akibat pandemi Covid-19. Apalagi kita yang cuma masyarakat biasa?

Tahun ini kita harus menerima kenyataan, bahwa Lebaran tahun ini terasa sangat berbeda dari tahun -- tahun sebelumnya. Dan mungkin karena banyak menghabiskan waktu di dunia maya, saya jadi tau kegiatan beberapa orang yang memang menjadi idola saya, salah satunya mbak Nana ini. 

Lewat media, dari salah satunya foto-foto unggah di akun Instagram-nya, saya jadi tau jika putri kedua dari ulama besar ini mengerjakan salat Idul Fitri di pekarangan rumah kakaknya, Najelaa Shihab dengan Imam dan khatib, Fathi Assegaf yang merupakan cucu pertama ayahandanya.

Dari foto-foto yang di unggah oleh putri kedua Quraish Shihab itu terlihat jika Najwa Shihab sedang bersama ibundanya, Fatmawati Assegaf, serta kakak dan adiknya yang terlihat kompak dengan memakai busana muslim berwarna pink lengkap dengan warna jilbab yang terlihat senada. 

Begitupun dengan tampilan buah hati mereka. Dan saya terkesan dengan kalimat di unggahan fotonya, Najwa mendoakan agar di hari raya ini warganet juga dapat melaluinya dengan penuh khidmah meski di tengah situasi sulit seperti saat ini.

Lebaran tahun ini memang terasa berbeda dengan Lebaran di tahun-tahun sebelumnya. Menurut beberapa sumber di media, sebanyak 83 persen masyarakat Indonesia ternyata telah memilih untuk tidak melakukan kegiatan mudik dan mengikuti anjuran pemerintah yang meminta warganya untuk tidak mudik dan merayakan hari Raya Idul Fitri 1441 H / 2020 M ini tanpa perlu harus mudik ke kampung halamannya.

Tetapi  walaupun ada anjuran agar Lebaran tahun ini di rayakan di rumah, tanpa harus mudik ke kampung halaman, namun hal itu tidak boleh menyurutkan semangat kita untuk  tetap terhubung dan melakukan silaturahmi dengan keluarga kita di kampung halaman sana.

Setelah Kepo dengan urusan orang lain di luar sana, mari kita kembali ke urusan kita, setelah melakukan salah satu kegiatan yang sepertinya sudah termasuk 'wajib' kita lakukan di Hari Raya, seperti melakukan shalat Ied berjamaah, yang tentunya untuk tahun ini hanya bisa kita lakukan bersama keluarga di lingkungan rumah saja, salah satu kegiatan lainnya adalah menyantap makanan dan minuman yang memang biasanya khusus kita sediakan saat Lebaran telah tiba. 

Seperti makan ketupat bersama-sama anggota keluarga lainnya. selanjutnya mengunjungi keluarga besar lainnya di hari raya pertama, itupun kalau tidak keburu ada tamu yang datang mengunjungi kita di rumah, jika tamu-tamu sudah keburu datang, maka biasanya kita harus menunda dulu acara untuk keluar rumah di hari raya pertama ini.

Dulu saya selalu berpikir, "kapan ya mereka pamit pulang, agar saya dan anggota keluarga ada kesempatan untuk keluar rumah sebentar, biar bisa berkunjung ke saudara-sauadara lainnya yang lebih tua dari saya."

Di tengah pandemi Covid-19 dan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB yang telah di berlakukan oleh pemerintah, tanpa sadar saya merasa rindu dengan hal-hal yang terjadi di lebaran tahun-tahun sebelumnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2