Wahyu Ngesti Broto
Wahyu Ngesti Broto Mahasiswa

Mahasiswa semester 4 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Mari Kita Sambut Malam Lailatul Qadar yang Istimewa

3 Mei 2021   19:41 Diperbarui: 3 Mei 2021   19:41 529 10 0
Lihat foto
Mari Kita Sambut Malam Lailatul Qadar yang Istimewa
CNN Indonesi

Salah satu malam istimewa di bulan Ramadhan ialah malam lailatul qadar. Malam ini digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. 

Kebaikan yang diperoleh seorang muslim pada malam tersebut melebihi nilai kebaikan dengan jangka waktu seribu bulan atau bisa dikatakan selama 83 tahun. Nabi Muhammad SAW bersabda:

            Karena keistimewaannya ini, umat muslim harus menyambutnya dengan rasa bahagia dan penuh dengan rasa senang. Kemudian pada malam ini segala doa-doa yang kita panjatkan kepada Allah SWT akan diaminkan oleh para malaikat yang turun ke bumi.

            Namun tidak hanya itu saja, di malam lailatul qadar ini menjadi salah satu peristiwa Nabi Muhammad yang mendapatkan wahyu pertama dari Allah Swt berupa ayat-ayat Al-Quran yang diturunkan melalui malaikat Jibril. Malikat Jibril menampakkan diri kepada Nabi Muhammad dan memerintahkan sebuah kata "Iqra" yang artinya bacalah

            Dalam Al-Quran surah Al-Qadr ayat 1-5, berbunyi:

            "Sesungguhnya Kami menurunkan (Al-Quran) pada malam lailatul qadar. Tahukah kamu, apakah malam lailatul qadar itu? Malam lailatul qadar adalah lebih baik daripada seribu bulan.

            Pada malam itu, turunlah malaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Tuhan mereka, (membawa segala urusan), (seluruh malam itu) sejahtera sampai terbit fajar."

            Malam lailatul qadar diyakini oleh kebanyakan umat muslim pada malam ganjil dalam satu dari 10 hari terakhir pada bulan Ramadhan. Kita tidak akan tahu kapan pastinya malam lailatul qadar itu. Sebab malam lailatul qadar ini dirahasiakan oleh Allah. Maka dari itu marilah kita bersemangat untuk mencari malam laitul qadar ini di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan ini.

            Selain kita bersemangat untuk mencari malam lailatul qadar ini, kita juga perlu melakukan usaha dan upaya untuk mendapatkannya. Ada beberapa amalan-amalan yang bisa kita lakukan, seperti:

Shalat Malam 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN