Vicky Laurentina
Vicky Laurentina Penulis

Saya melakukan food blogging di http://vickyfahmi.com.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Lagu Ramadhan Favorit Saya Bukan Lagu Indonesia

22 April 2021   15:28 Diperbarui: 22 April 2021   15:39 290 2 0
Lihat foto
Lagu Ramadhan Favorit Saya Bukan Lagu Indonesia
screenshot-20210422-152641881-1-6081340d8ede4819953480b2.jpg

Lagu Ramadhan di playlist saya hampir jarang-jarang, karena isi pesan yang tidak terlalu related sama saya. 

Tapi ada satu lagu yang saya dengar pertama kali pada 3 tahun yang lalu, diputar pada bulan Ramadhan di YouTube. Liriknya tidak saya mengerti karena liriknya itu ditulis dalam bahasa Arab. Judulnya, Sayyidi Rais.

Cuma, karena melodinya sangat menarik, aransemennya bagus, saya jadi tertarik untuk cari tahu lagunya. Ketika saya akhirnya tahu lagu ini berasal dari sebuah video iklan yang panjang banget, dan saya berhasil nonton videonya, saya terpana.

Lagu dari Iklan Perusahaan SIM Card

Video ini sebetulnya adalah iklan untuk branding suatu perusahaan telekomunikasi seluler, tapi merupakan iklan layanan masyarakat untuk membangkitkan kesadaran penonton akan situasi masyarakat muslim di Palestina.

Di sini kelihatan bagaimana masyarakat muslim di negara Palestina kesulitan beribadah puasa lantaran tiap hari ada perang. Mereka semua berusaha mengungsi, namun sebagian berubah menjadi dan dijadikan buronan internasional. 

Melalui lagu ini, mereka memohon kepada pemimpin negara Amerika Serikat untuk menghentikan perang di area Palestina, dan mengembalikan kedaulatan Palestina, termasuk ibukota negara mereka, yaitu Jerusalem, yang telah dijadikan ibukota untuk negara lain.

Mendengarkan lagu ini nggak akan lengkap jika tidak menonton video klipnya, sungguh. Di video ini, nampak seorang anak muslim berusaha minta pertolongan kepada Donald Trump (yang waktu itu masih jadi presiden Amerika Serikat), tapi Trump malah nampak melengos. 

Kemudian, anak ini minta bantuan Vladimir Putin (presiden Rusia) dan ternyata Putin mendengarkan. Berikutnya, nampak masyarakat muslim korban perang ini yang mengungsi ke negara-negara lain dan ternyata malah ditolong oleh Angela Merkel (kanselir Jerman), Justin Trudeau (perdana menteri Kanada), dan Antonio Guterres (sekretaris jenderal PBB).

Saya ini nggak terlalu sering membaca tentang berita politik Palestina. Tapi, setiap kali saya nonton video ini, air mata saya berlinangan sentimentil. Antara sedih lantaran memahami bahwa rakyat muslim (dan non-muslim) negara Palestina memang semenderita itu. Dan terharu karena pemilik iklan ini ternyata ialah perusahaan telekomunikasi asal Kuwait bernama Zain. Saya nggak nyangka mereka rela menggelontorkan sekian dana marketing-nya untuk membuat iklan ini, yang jelas-jelas tidak bermaksud mengajak orang memakai kartu SIM mereka, tapi untuk menyebarkan isu bahwa ada negara yang jelas sedang butuh ditolong.

Anda bisa nonton video iklan tempat lagu ini ditayangkan di sini:


Ini saya tuliskan liriknya, siapa tahu Anda kepingin ikutan menyanyi. Saya salinkan juga terjemahan liriknya dalam bahasa Indonesia. Oh ya, liriknya saya salin dari website lain ya, mohon maaf kalau ternyata saya salah menyalin..

Sayyidi Rais

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN