Tyas Ajeng Rahmawati
Tyas Ajeng Rahmawati Mahasiswa

Tyas Ajeng Rahmawati Jakarta, 03 Agustus 1998 instagram : Tyasajengr

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Lebaran atau Lebar-an?

16 Mei 2021   15:00 Diperbarui: 16 Mei 2021   15:01 785 6 2

Hari Raya Idul Fitri atau sering disebut dengan istilah lebaran memang identik dirayakan dengan makanan dan minuman super duper lezat bahkan dari sejak pertama bulan Ramadhan tiba, berbagai jenis dan macam kuliner sudah terngiang ngiang dikepala untuk meminta kita segera menyantapnya. 

Budaya masyarakat di Indonesia saat memperingati hari raya memang sangat beragam dan tidak bisa dipungkiri erat kaitannya dengan makanan dan minuman. 

Eittss tapi lebaran bukan berarti bisa dijadikan ajang balas dendam loh gengs! alih alih sudah terlewati masa puasa selama 30  hari, dengan mudahnya kita mengkonsumsi semua hidangan yang disajikan pada saat lebaran.  

Saat merayakan hari lebaran tak jarang perilaku manusia berubah menjadi terlalu konsumtif, contohnya terlalu banyak makanan tinggi lemak, tinggi gula, lalu mengkonsumsi kalori berlebih, waktu makan yang tidak teratur, aktivitas fisik yang sangat sedikit, dan kurang cairan tubuh efek terlalu sering minum sirup dibanding minum air putih, dari yang disebutkan diatas itu kebiasaan yang hampir dilakukan masyarakat kebanyakan saat memperingati hari raya, dan bahayanya bisa membawa resiko penyakit loh gengs! 

Maka dari itu pola makan sehat, teratur dan terukur sangat penting demi lebaran tidak menjadi lebar-an ya gengs. Berikut penulis akan mencoba berbagi tips dan trik supaya berat badan tetap ideal setelah lebaran. 

1. HITUNG BMI

Pertama tama yang perlu diketahui saat memulai untuk menjaga berat badan yang ideal adalah kita harus tau berapa indeks masa tubuh kita atau sering dikenali dengan BMI (Body Mass Index), berikut kriteria BMI oleh Kemenkes RI, 2014 ; WHO, 2000 adalah sebagai berikut, untuk di asia BB kurang yakni < 18,5 , BB Normal 18,5 - 22,9 dan obesitas 25 sampai > 30. di Indonesia kriteria Kurus sekali <17 , Kurus 17-18,4, BB Normal 18,5 -25, gemuk 25,2 - 27 dan gemuk sekali >27.

Bagaimana cara menghitung berat badan yang ideal?

RUMUS : (TB - 100) 10%

Contoh :

TB  : 160 CM

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN