Try Raharjo
Try Raharjo Foto/Videografer

Subscribe ya dan like channel YouTube punyaku youtube.com/c/indonesiabagus

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Keindahan Idul Fitri di Indonesia

11 Mei 2022   22:26 Diperbarui: 11 Mei 2022   22:34 995 9 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Keindahan Idul Fitri di Indonesia
Letkol (Purn.) L. Isworobroto Ketua DPC Pepabri Kab. Banyumas berfoto bersama peserta halal bihalal. | Dokpri 

Pada hari ini Rabu, 11 Mei 2022, telah diselenggarakan kegiatan Halal Bihalal Idul Fitri 1443 H Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Pengurus Anak Cabang (Ancab) Persatuan Purnawirawan & Warakawuri TNI dan Polri (Pepabri) Kabupaten Banyumas.

Kegiatan tersebut diadakan di Gedung Kantor Sekretariat DPC Pepabri Kabupaten Banyumas, yang terletak di Jl. Adhyaksa No. 51 Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Hadir pada kegiatan tersebut Letkol (Purn.) L. Isworobroto selaku Ketua DPC Pepabri Kab. Banyumas dan segenap pengurus. Hadir pula para pengurus Ancab Pepabri Kab. Banyumas, Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil Purwokerto Utara, dan sejumlah tamu undangan.

Letkol (Purn.) L. Isworobroto, Ketua DPC Pepabri Kab. Banyumas. | Dokpri 
Letkol (Purn.) L. Isworobroto, Ketua DPC Pepabri Kab. Banyumas. | Dokpri 

Puncak acara kegiatan adalah berupa uraian hikmah Idul Fitri yang disampaikan oleh Ust. Serma (Purn.) H. Sudarman, S.Ag. dengan tema "Lima Keindahan Idul Fitri".

Menurut Ust. Sudarman, Mohon maaf lahir dan batin adalah kalimat yang biasa diucapkan orang Indonesia untuk menyertai ucapan Selamat Idul Fitri ketika bertemu muka, bersalaman, atau saat bertegur sapa pada masa perayaan Idul Fitri.

Dalam ajaran fikih Islam, kalimat yang dianjurkan untuk diucapkan oleh umat Islam sebenarnya adalah "Taqaballalahu minna wa minkum" yang artinya "Semoga Allah menerima amal ibadah kami dan kamu semua", tapi tentu tidak berarti bahwa saling memohon maaf di antara sesama muslim menjadi tidak benar.

Tradisi saling mengucapkan permohonan maaf lahir dan batin yang biasa dilakukan orang pada saat perayaan Idul Fitri, yang khas dilakukan oleh orang Indonesia tersebut, justru memperkaya khasanah Islam.

Kalimat saling memohon maaf lahir dan batin yang diucapkan dengan ikhlas, bila disertai dengan senyuman yang tulus penuh persahabatan tentu dapat memberikan kesan yang baik kepada setiap orang.

Hal tersebut menjadi satu dari sekian banyak keindahan yang dapat ditemukan pada masa Idul Fitri, hingga beberapa pekan setelah hari H perayaan Idul Fitri tanggal 1 Syawal 1443 H atau 2 Mei 2022.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan