Topik Irawan
Topik Irawan Full Time Blogger

Full Time Blogger

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Artikel Utama

Mengoleksi Diecast Mobil agar Moodbooster Terjaga

5 Mei 2021   13:16 Diperbarui: 6 Mei 2021   12:14 743 12 3
Lihat foto
Mengoleksi Diecast Mobil agar Moodbooster Terjaga
Tetap menjaga kewarasan dengan mengkoleksi diecast mobil (dokpri)

Selalu suka dengan bentuk mini sebuah kendaraan, masa kecil yang terasa singkat untuk memainkan mobil mobilan, belum lagi ketidakadaan dana untuk membeli koleksi incaran menjadi halangan. Dahulu harga mobil mobilan plastik yang ukuran kecil di banderol dua puluh lima rupiah, belinya di warung Ceu Yayah yang tiap hari mempunyai koleksi mobil mobilan terbaru, bikin penasaran untuk memilikinya.

Tak terpikir untuk merawat mainan zaman dahulu, mungkin saat ini telah menjadi koleksi mainan klasik. Sempat juga mempunyai miniatur mobil ambulance yang kap mesinnya dapat terbuka, raungannya mirip ambulance asli, namun entah dimana si ambulance yang terbuat dari kaleng tersebut. Jika ada kemungkinan mainan tersebut sudah mahal harganya, saat ini kolektor menyukai mainan mainan jadul, semakin jadul dan langka maka mainan pun menjadi mahal.

Saat ini hobi mengkoleksi miniatur mobil masih dilakukan, berburu koleksi mobil mobil yang ada dipasaran, tak terbeli mobil sungguhan dan cukup puas dapat membeli mobil miniaturnya, siapa tahu saat ini beli miniaturnya, tahun depan ke beli mobil sungguhan.

Mengkoleksi barang barang tertentu memang mengasyikan, dulu pernah hobi koleksi perangko, tapi karena mungkin tak benar benar hobi, koleksi perangko yang berasal dari berbagai negara itu malah ambyar tak bersisa. Rasanya moodboster tetap terjaga jika sudah memandangi koleksi, atau membersihkan koleksi menjadi kesenangan tersendiri.

Menurut Agan Andri Mastiyanto, blogger yang berasal dari Cikeas Udik, lebih baik merawat koleksi mobil mobilan dari sekarang, lengkap dengan boxnya. Siapa tahu beberapa tahun ke depan koleksi yang kita miliki mempunyai harga spesial karena kelangkaannya, saran yang perlu dipertimbangkan ini mah.

Koleksi miniatur yang di punya penulis umumnya adalah diecast, mainan ini terbuat dari metal, mazak yakni alloy yang berupa campuran seng dan almunium.Ada beberapa merek miniatur diecast seperti Hot Wheels, Tomica atau Matchbox, namun kebanyakan yang di punyai penulis merknya adalah Apolo yang merupakan buatan China.

Yang murah meriah juga ada yaitu koleksi mobil mainan dari plastik, harganya Cuma dua ribu perak, biasanya yang jual adalah si Mamang yang mangkal di sekolah SD, bila beruntung ada koleksi jeep militer atau mobil untuk keperluan tempur, karena harganya murah, untuk urusan kualitas ya tahu sendiri deh.

Mengetahui Besaran Skala Mobil mobilan

Ada beberapa skala dalam miniatur mobil (dokpri)
Ada beberapa skala dalam miniatur mobil (dokpri)
Mobil miniatur memiliki beragam ukuran, semakin mendekati detail mobil sungguhannya baik itu interior maupun eksterior, nomor serinya atau kapan mobil itu dikeluarkan akan menambah eklusivitas dan juga harganya bisa fantastis. Namun bagi kolektor sejati soal harga yang bikin terkejut itu bukan masalah, kalau suka langsung sikat.

Ada beberapa ukuran mobil miniatur yang tersedia di pasaran, skala 1:12 adalah skala disebut sebut sebagai miniatur paling mahal dan juga eklusif, ukuran miniatur ini  memiliki panjang 13 inch atau 33 Cm, jika beli diecast skala ini siap siap rogoh kocek ya. Nah kalau yang satu ini skalanya 1:18, ukuran 10 inch atau 25 Cm, termasuk kelas premium dengan harga yang lumayan  bolongin kantong hehe,harganya ratusan ribu hingga jutaan.

1:24 merupakan skala menengah tidak terlalu besar atau kecil, memiliki dimensi 7.5 Inch atau 19 Cm, diecast ukuran seperti ini termasuk favorit juga lho.Kemudian ada skala 1:32 dengan ukuran 6 Inch atau setara 15 Cm, koleksi ini makin spesial jika kap mesin atau pintunya bisa di buka.

Lanjut ke skala berikutnya yakni 1:43 yang memiliki panjang 4 Inch atau 10 Cm, koleksi diecast yang dimiliki penulis rata rata di skala seperti ini. Harganya masih terjangkau ini mah, yang minat jadi kolektor bisa mengkoleksi miniatur di skala ini. Nah kalau yang ini kerap menjadi favorit ya, ukuran 1:64.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN