Topik Irawan
Topik Irawan Full Time Blogger

Full Time Blogger

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Ini Dia Daftar Masjid di Kabupaten Bekasi yang Selalu Ngagenin

30 April 2021   22:18 Diperbarui: 30 April 2021   22:23 621 5 2
Lihat foto
Ini Dia Daftar Masjid di Kabupaten Bekasi yang Selalu Ngagenin
Masjid sebagai pusat peradaban dan syiar Islam(dokpri)

Masjid adalah berkumpulnya kaum muslimin untuk melakukan ibadah, sebenarnya fungsi masjid itu sendiri lebih dari sekedar hal tersebut. Masjid Nabawi Madinah saat Nabi Muhammad mulai mendirikan masjid ini, fungsi dari masjid mempunyai cakupan luas dan sebagai sentral, mulai urusan keagamaan hingga politik dan pemerintahan. Cendikiawan muslim tanah air, Quraish Shihab merinci 10 merinci peran dan fungsi masjid di eranya Nabi Muhammad, adapun cakupannya adalah tempat konsultasi dan komunikasi meliputi urusan ekonomi, sosial, budaya. Masjid pun menjadi tempat pendidikan,, tempat latihan militer, pengobtan perang, santunan sosia. Fungsi masjid begitu komplit.

Apa kabar masjid masjid di kabupaten Bekasi?  Dengan luas wilayah 1.225 Km2 dan dngan jumlah penduduk mencapai 2.880.280 jiwa dengan prosentasi pemeluk agama Islam sebesar 95,15 %. Ada sekitaran 1600 masjid di kabupaten Bekasi, Pemda Kabupaten Bekasi malah berencana menganggarkan pemberian gaji bagi petugas masjid dan juga termasuk marbot, sebuah rencana yang patut diapresiasi.

Penulis sajikan masjid masjid yang ada di Bekasi dan masjid ini selalu ngangenin untuk di kunjungi, dari ratusan masjid yang ada, jelas belum bisa di kunjungi semuanya, tapi inilah beberapa masjid yang menjadi favorit penulis. Semoga saja di kemudian hari bisa menjelajahi masjid masjid yang ada di kabupaten Bekasi.

Nurul Hikmah Masjid Di Pusat Pemerintahan Kabupaten Bekasi

Kubah bagian dalam masjid Nurul Hikmah bertuliskan Asmaul Husna(dokpri)
Kubah bagian dalam masjid Nurul Hikmah bertuliskan Asmaul Husna(dokpri)
Ketika penetapan angka upah minimum kabupaten dilaksanakan, masjid Nurul Hikmah dipadati oleh kaum pekerja yang melaksanakan sholat, karena sidang penetapan biasanya dilakukan secara maraton dari pagi hingga malam maka suasana masjid ini pun menjadi padat, maklum Nurul Hikmah berada di komplek pemerintahan Kabupaten Bekasi dan lokasinya dekat dengan kantor Disnaker.

Ruangan dalam masjid dihiasi lampu lampu kristal yang dikala malam memancarkan cahaya kemilaunya, hamparan permadaninya empuk gaes, begitu juga sirkulasi udara terasa nyaman dengan dukungan pengatur udara dan juga kipas angin sehingga jamaah juga tidak merasa gerah. Yang bikin kangen dari masjid Nurul Hikmah dan juga tak terlupakan oleh penulis, jika waktu maghrib tiba dan buruh Bekasi menunggu hasil penetapan UMK, mendadak air di masjid ini tidak mengalir, alhasil saat ingin menunaikan sholat akhirnya pakai air mineral untuk berwudhlu, nah inilah peristiwa yang bikin kangen itu.

Kreasi Yayasan AmalBakti Muslim Pancasila

Masjid Darut Taqwa memiliki plakat bertanda tangan Presiden RI ke 2(dokpri)
Masjid Darut Taqwa memiliki plakat bertanda tangan Presiden RI ke 2(dokpri)

Mungkin masjid Darut Taqwa desa Sukaraya adalah masjid satu satunya di desa penulis yang mempunyai plakat bertanda tangan Presiden RI ke 2 yaitu Soeharto. Yayasan AmalBakti Muslim Pancasila membangun 999 masjid di seluruh Indonesia dengan. Adapun dana pembangunannya berasal dari potongan gaji pegawai negeri sipil dan juga militer, untuk di daerah Jawa Barat ada sekitaran seratus masjid yang dibangun saat era orde baru berkuasa.

Setiap masjid yang dibangun Yayasan AmalBakti Muslim Pancasila memiliki kesamaan bentuk, yang berbeda adalah luas bangunan. Atap masjid biasanya berundak dan berbentuk limas, hingga saat ini masjid Darut Taqwa masih melaksanakan kegiatan keagamaan, semoga saja amal jariah para PNS dan juga dari para tentara yang gajinya dipotong menjadi amal kebajikan.

Jika ingin melihat tanda tangan Pak Harto, lebih baik  melipir ke masjid yang di bangun oleh Yayasan AmalBakti Muslim Pancasila, al fatihah untuk Presiden RI kedua ini yang di masa jabatannya telah berupaya membangun masjid di tanah air. Darut Taqwa menjadi saksi bisu perjalanan syiar dalam bentuk bangunan masjid yang di kreasikan oleh Yayasan AmalBakti Muslim Pancasila.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN