Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Tradisi Sahur Saat Bulan Ramadhan

1 Mei 2021   01:25 Diperbarui: 1 Mei 2021   01:39 331 2 0

Didalam masyarakat ketika sudah berada di dalam bulan Ramadhan tidak hanya identik dengan bertebaran pasar dadakan. Dimana pasar dadakan tersebut menyediakan berbagai makanan dari mulai yang berat sampai ringan. Semua makanan yang di jual pada pasar dadakan tersebut tentunya dapat dikonsumsi sebagai menu buka puasa atau sebagai makanan sahur.

Ketika berada di bulan Ramadhan ada juga beberapa tradisi lainnya tidak hanya pasar dadakan. Ada pula tradisi unik lainnya yang hanya dapat ditemui ketika berada di bulan Ramadhan saja. Dimana contoh tradisi tersebut seperti membangunkan orang-orang akan menyantap makanan di waktu pagi hari sambil berteriak "sahur....sahur....sahur....". Namun tidak hanya itu saja dibeberapa keluarga yang ada di dalam masyarakat terdapat beberapa tradisi yang dapat kita temui ketika berada di bulan Ramadhan yaitu:

#1. Membangunkan Sahur Dengan Waktu Kepagian

Biasanya kegiatan tradisi ini dilakukan oleh pihak-pihak didalam keluarga yang memiliki tugas membangunkan anggota keluarga. Pada umumnya pihak didalam keluarga yang membangunkan anggota keluarga lainnya adalah ayah, ibu, ataupun kakak. Namun ada hal unik ketika membangunkan waktu bangun sahur tersebut. Dimana hal unik tersebut adalah biasanya ada kebohongan didalam membangunkan untuk sahur. Kebohongan tersebut tentunya dalam hal waktu yang dibuat kepagian untuk melakukan kegiatan sahur.

#2. Membeli Banyak Makanan & Minuman Untuk Berbuka Tetapi Dikonsumsi Saat Sahur  

Didalam kegiatan puasa kita dibatasi akan waktu menyantap makanan & minuman. Sehingga ketika sekali saja kita melihat makanan & minuman rasanya ingin ketika berbuka langsung menyantapnya. Atas keinginan tersebut secara sadar atau tidak membuat kita selalu saja ingin membeli banyak makanan & minuman. 

Anehnya ketika sudah berbuka hanya dengan mengonsumsi makanan & minuman secukupnya kita merasa kenyang dan hilang selera makan atas makanan & minuman yang sudah dibeli. 

Alhasil makanan & minuman yang telah dibeli tersebut akhirnya tidak bisa dihabiskan atau terbuang secara cuma-Cuma. Karena tidak mau rugi dan terbuang percuma banyak orang-orang yang menggunakan makanan & minuman yang telah dibeli untuk makanan saat sahur.

#3. Membangunkan Orang Yang Disayang

Terkadang saat sahur menjadi sebuah peluang yang sangat pas untuk melakukan kegiatan membangunkan orang yang disayang. Mungkin pada saat sebelum terjadi pandemik virus Corona cara membangunkan secara langsung atau berkeliling di tempatnya. Namun kini dengan adanya pandemik cara membangunkan orang yang disayang melalui video call, chat, ataupun hal lainnya dengan menggunakan bantuan teknologi.

Jadi apakah para pembaca memiliki tradisi saur yang selalu dilakukan ketika melaksanakan kegiatan saur dibulan Ramadhan???. Kalau ada dan berbeda seperti yang telah dipaparkan penulis tidak ada salahnya para pembaca memaparkan didalam kolom komentar agar dapat menjadi sebuah bahan diskusi lebih lanjut sehingga ada interaksi antara para pembaca dan penulis.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih.

VIDEO PILIHAN