Tito Adam
Tito Adam Jurnalis

Senang untuk belajar dan belajar untuk senang | Instagram @titoadamp | Email titoadamp@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan

Cobain Menu Buka Puasa Olahan Jangkrik dan Sambal Rajungan

26 April 2021   21:04 Diperbarui: 26 April 2021   21:26 640 4 0
Lihat foto
Cobain Menu Buka Puasa Olahan Jangkrik dan Sambal Rajungan
Salah satu produk olahan jangkrik. Sumber : screenshot Bangga Surabaya

Setiap minggu saya selalu bertemu dengan ukm yang ada di Surabaya untuk dibuatkan profil produknya untuk publish di media sosial resmi Pemerintah Kota Surabaya. Setiap itulah, rejeki saya selalu diberikan "sangu" untuk bisa incip meski saya tidak pernah sekalipun meminta.

Nah, ada dua jenis ukm yang bagi saya cocok jadi menu berbuka puasa. Pertama adalah olahan jangkrik dan sambal rajungan.

Mungkin akan terasa aneh memakan makanan kategori nyeleneh ini. Namun ketika ditanya menu yang berbeda ya menu ini.

Kedua produk ini adalah UKM binaan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Surabaya. Sehingga, tentu saja, mereka juga terpantau dalam produksi dan pengolahannya. Apalagi mereka sudah punya pangsa pasarnya sendiri.

Olahan jangkrik ini adalah olahan UKM Elok Mekar Sari, anggotanya adalah ibu-ibu dari kelompok tani di kawasan Semolowaru, Surabaya. Mereka melakukan budidaya sendiri dan mengolahnya menjadi berbagai macam olahan jangkrik.

Jika kamu tidak cocok dengan Jangkrik Crispy, kamu bisa coba Rempeyek Jangkrik. Jika lebih senang rempeyek tentu akan jadi teman makan buka puasamu.

Jangkrik yang dibudidayakan sangat dijaga dengan baik oleh para ibu-ibu kelompok tani ini. Budidayapun terbilang bersih dan pengolahannya pun juga terjamin.

img-20210426-181102-6086c1a98ede486c0053a102.jpgSambal Rajungan. Sumber : dok. Pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN