Tito Adam
Tito Adam Jurnalis

Senang untuk belajar dan belajar untuk senang | Instagram @titoadamp | Email titoadamp@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Luangkan Waktu Ngabuburit bersama Anak Pakai Aplikasi Ini

24 April 2021   17:22 Diperbarui: 24 April 2021   17:27 279 5 0
Lihat foto
Luangkan Waktu Ngabuburit bersama Anak Pakai Aplikasi Ini
Ilustrasi. Sumber : Kompas

Di bulan puasa, terkadang kita sibuk dengan diri kita sendiri untuk urusan ngabuburit. Entah itu bersama teman atau ingin menikmati waktu sendiri.

Khusus untuk kamu yang sudah berkeluarga, cobalah sedikit luangkan waktu bersama anak. Jangan biarkan dia bermain sendirian, temani dia untuk tahu dunianya seperti apa.

Kebanyakan orang tua, selalu membiarkan sang anak asik sendiri. Termasuk di keluarga saya. Namun, saya pribadi, selalu mencoba untuk tidak biarkan anak saya bermain sendiri.

Seringnya, jika bermain sendiri anak akan dibiarkan bermain dengan gadget sendiri. Bahkan sampai hapal letak aplikasi-aplikasi yang memang sering digunakan.

Anak saya yang berusia 3 tahun, sudah hapal letak dimana saya menyimpan aplikasi youtube saya. Tapi bagaimana jika anak saya hapal letak aplikasi youtube di 5 device yang berbeda.

Bagi saya itu sesuatu yang membuat kaget. Tanpa diajari, dia sudah tahu sendiri letak aplokasi favoritnya itu. Tergantung gadget milik siapa yang dia pinjam.

Nah, oleh karena itu, saya punya aplikasi favorit untuk ngabuburit bersama anak. Manfaatnya, selain karena bangun kedekatan orangtua dan anak, cara ini juga memberikan edukasi kepada anak

Edukasi di sini banyak bentuknya. Mulai belajar bersuara, melatih otak, hingga belajar bertanggung jawab.

Aplikasi yang saya ajarkan kepada anak adalah My Tom 2. Kamu bisa mengenal dunia anakmu saat kamu menemaninya bermain aplikasi ini.

Di aplikasi ini, si kecil bisa belajar untuk bersuara. Karena si kucing tom akan menirukan suaranya. Bahkan, kalau capek, tom akan mengucapkan ,"bla, bla, bla" yang lucu menggemaskan.

Si kecil juga diajak untuk bertanggung jawab, karena tom si kucing juga harus diberi makan, bermain dan beristirahat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN