Thamrin Dahlan
Thamrin Dahlan Guru

Mott Menulis Sharing, connecting on rainbow. Pena Sehat Pena Kawan Pena Saran

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

HBH Virtual Mendekatkan Nan Jauh

16 Mei 2021   06:43 Diperbarui: 16 Mei 2021   17:27 517 2 0
Lihat foto
HBH Virtual Mendekatkan Nan Jauh
dokumentasi pribadi

  • Hari lebaran ketupat terhidang
  • Saling bermaafan dihari kemenangan
  • Pandemi covid bukan halangan
  • Halalbihalal virtual kita selenggarakan

 

Inilah tahun kedua kita tida bisa bersalam salman ketika lebaran tiba.  Tradisi nenek moyang menganjurkan silaturahim di semua hari terutama di Hari Raya Idul Fitri sungguh merupakan peninggatan nan bermakna kesejahteraan dan kegembiraan.

Perayaan lebaran di Indonesia lebih dikenal dengan Halalbihalal (HBH).  Ketika pandemi covid 19 belum melanda dunia, lebaran sungguh merupakan suatu susana kegembiraan bisa bersua secara fisik dengan sahabat kerabat. Berbagai komunitas berkumpul mulai dari lingkaran  keluarga, teman sekantor, tetangga, .alumni dan segala bentuk komunitas yang aklktif  diikuti.

Insha Allah tahun 2021 atawa bada' puasa ramadan 1442 awak menggagas halabihalal virtual.  HBH pertama akan diselnggarakan bersama teman teman penulis yang tergabung di Penerbit Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD). HBH dieselenggarakan Selasa 18 Mei 2021 pukul 19,30 sampai dengan 21.30 wib.

Alhamdulillah HBH virtual difasilitasi YPTD by Zoom.  Mas Nuryadi Admin profesional YPTD telah menyiapkan sistem zoom baik berupa pascode dan live stearming you tube.  Undangan pun sudah di sampaikan kepada penulis YPTD.  Alhamdulillah bersegera teman teman mencantumkan nama di daftar hadir HBH Virtual.

Sebelumnya YPTD telah menfasilitasi silatuitrahim by zoom pada acara Bedah Buku.  Acara terrsebut sudah berlangsung 11 kali pertemuan setiap 2 pekan sekali.  Termasuk Tahlilan untuk sahabat kita Almarhum Uda Dian kelana.  

Kegiatan virtual merupakan dalah  satu upaya meningkatkan kualitas KIE (Komunikasi, informasi dan edulkasi) literasi. Selain itu KIE juga berlangsung melalui web site terbitkanbukugratis.id  dan WAG Penerbit YPTD Ikhlas.

Run down acara telah disusun, antara lain HBH  akan di berikan nilai tambah berupa kulkas.  Sobat tentu sudah paham kuliah ringkas (kulkas) yang akan disampaikan oleh sahabat kita Penulis Haji DR, Lulu Burhan.  Beliau telah menerbitkan buku di YPTD.

Tentu saja HBH lebih kepada acara serius tapi  santai (sersan) tanpa memgurangi nilai sakral persahabatan.  Itulah sebabnya tema halal bihalal adalah Merajut Kebersamaa Literasi Indonesia.  Tema HBH sangat tepat berkaitan dengan kerja bareng di dunia literasi yaitu membaca dan menulis kemudian menerbitkan buku.

InshaAllah setelah BHB YPTD  awak telah pula merencanakan HBH  Keluarga Besar Kaum Petokayo,  Siilaturahmi  Keluarga Besar Lintau Batu Sangkar Sumbar akan diselenggrakan by Zoom Sabtu 22 Mei 2021 Pukul 10.00 - 12.00. Tema hampir mirip dengan YPTD yaitu Mengumpulkan Sanak Saudaro Nan Terserak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN