Sri Wahyuni
Sri Wahyuni Wiraswasta

Sri Wahyuni dikenal sebagai #UniGuci asal Sumbar berdomisili di Depok Jabar

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Tips Mengatur Keuangan Saat Ramadan

18 April 2021   20:27 Diperbarui: 18 April 2021   20:45 303 4 1
Lihat foto
Tips Mengatur Keuangan Saat Ramadan
by pexels.com

Menyambut bulan ramadan kita harus menyiapkan diri secara matang. Baik secara mental, fisik maupun batin, selain itu kita juga harus menyiapkan anggaran selama bulan puasa dan lebaran. Banyak orang beranggapan saat bulan puasa pengeluaran akan berkurang, namun kenyataannya kita harus mengeluarkan banyak anggaran selama bulan puasa dan persiapan ramadan.

Hal ini bisa terjadi apabila kita tidak cermat dalam mengatur keuangan. Apabila kita ingin memiliki tabungan saat bulan puasa dan mudik lebaran mulailah untuk mengatur pengeluaran sedini mungkin.

Berikut tips mengatur keuangan selama ramadan:

Pertama, masak menu berbuka dan sahur sendiri

Memasak sendiri untuk keperluan sahur dan berbuka bisa menjadi alternatif untuk mengurangi pengeluaran, selain itu makanan yang dimasak sendiri jelas kebersihan serta lebih sehat. Siapkan daftar menu sesuai dengan kesukaan masing-masing anggota keluarga

Kedua, belanja kebutuhan lebih banyak

Berbelanja sekaligus dalam jumlah besar untuk persiapan selama ramadan, manfaatkan promo atau diskon ramadan yang ada di beberapa toko atau swalayan. Namun tetap tidak membeli secara berlebihan, masih termasuk kategori kebutuhan.

Ketiga, catat pengeluaran harian

Selesai berbelanja pada hari itu langsung tulis pengeluaran , hal ini kita lakukan agar bisa mengatur pengeluaran berikutnya. Apabila hari itu pengeluaran lebih besar, kita bisa langsung menghemat pengeluaran hari berikutnya, dengan cara membeli sesuatu yang memang dibutuhkan bukan diinginkan.

Keempat, sisihkan dana zakat fitrah dan lebaran

Bulan puasa adalah bulan berbagi kepada sesama, salah satunya melalui zakat fitrah. Zakat fitrah pengeluaran yang tidak bisa dihindari, sehingga sisihkan lebih awal dananya agar tidak terpakai. Begitu juga dana untuk persiapan lebaran dan rencana mudik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN