Sri IdawatiBasri
Sri IdawatiBasri Mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (20107030111)

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan

Jangan Sampai Puasamu Jadi Sia-sia

17 April 2021   09:52 Diperbarui: 17 April 2021   09:57 449 2 0
Lihat foto
Jangan Sampai Puasamu Jadi Sia-sia
news.dakwah.net

Hallo guys! saat ini kita berada di bulan yang penuh berkah bulan penuh ampunan bulan Ramadhan. Di bulan ini juga kita sebagai muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa. Eits tapi puasa itu adalah bukan sekadar menahan dahaga dan lapar. Ada banyak hal yang perlu kita perhatikan agar puasa kita  tidak berakhir sia-sia. Termasuk beberapa kebiasaan di bawah ini yang juga bepengaruh mengurangi atau bahkan menghapus seluruh pahala kita selama berpuasa di bulan Ramadan loh.

Kira-kira kebiasaan apa saja, itu? Berikut ulasannya yang perlu kamu perhatikan.

1. Bergosip atau nyinyirin orang lain

Buat kamu yang hobi nyinyirin orang di sosial media atau mungkin sering keceplosan ngomongin teman, mulai sekarang coba deh buat mengontrol kebiasaanmu tersebut! Dalam Islam, ghibah itu termasuk perilaku tercela yang bisa mendatangkan dosa.
Jika melakukannya di bulan Ramadan, ya otomatis kamu gak sekadar dapat dosa aja. Tapi pahala berpuasamu juga bakal ikutan berkurang. Rugi banget, kan? Makanya, sebisa mungkin hindari aktivitas bergosip. Puasa gak sekedar jaga perut, tapi juga jaga mulut.

2. Berkata kasar atau marah-marah tanpa alasan yang jelas

Sama halnya dengan nyinyir, aktivitas marah-marah juga bisa membuat puasamu sia-sia. Terlebih kalau kamu marahnya tanpa alasan yang jelas, atau bahkan sampai merugikan orang lain. Wah, bukannya pahala yang kamu dapatkan, tapi malah dosa.
Ingat, berpuasa itu perlu menahan hawa nafsu. Jadi sebisa mungkin tenangkan pikiranmu dan perbanyak beristighfar sehingga terhindari dari perbuatan-perbuatan yang tidak berguna.

3. Bermesraan dengan yang bukan muhrim

Menjaga hawa nafsu bukan sebatas tentang mengontrol emosi. Tapi kamu juga harus bisa menundukkan pandanganmu. Hal-hal yang berkaitan dengan hasrat cinta perlu dihindari jika kamu tak ingin puasamu berakhir sia-sia. Termasuk aktivitas bermesraan dengan yang bukan muhrim, ini juga sangat dilarang. Memangnya kamu mau cuma dapat lapar aja, tapi gak dapat pahala? Gak mau, kan?
So, karenanya cobalah menjaga diri. Daripada dibuat pacaran, mending kamu ngaji aja. Pahalanya bisa berlipat ganda lho!

4. Puasa tapi gak salat

Gak bisa dipungkiri ya bahwa masih ada beberapa orang yang ikutan berpuasa, tapi sayang sholatnya bolong-bolong atau bahkan gak sholat sama sekali. Duh.
Guys, salat itu tiangnya agama. Di dalam agama Islam, salat hukumnya wajib. Jadi kalau kamu puasa namun gak salat, ya itu sama aja bohong! Puasamu zonk. Kamu gak dapat apa-apa kecuali lapar dan haus.


5. Tidur setelah sahur sampai menjelang berbuka

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN