SISKA ARTATI
SISKA ARTATI Guru

Bergabung sejak Oktober 2020. Antologi tahun 2022: ๐Ÿ’—Kisah Inspiratif Melawan Keterbatasan Tanpa Batas. ๐Ÿ’— Buku Biru ๐Ÿ’—Pandemi vs Everybody ๐Ÿ’— Perubahan Itu Pasti, Kebajikan Harga Mati - Ebook Karya Antologi 2020-2021: ๐Ÿ’—Kutemukan CintaMU ๐Ÿ’— Aku Akademia, Aku Belajar, Aku Cerita ๐Ÿ’—150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi ๐Ÿ’— Ruang Bernama Kenangan ๐Ÿ’— Biduk Asa Kayuh Cita ๐Ÿ’— 55 Cerita Islami Terbaik Untuk Anak. ๐Ÿ’—Syair Syiar Akademia. Penulis bisa ditemui di akun IG: @siskaartati

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Setiap Tahun Mendengar Kata 'Ramadan', Apa sih Artinya?

28 Maret 2023   10:59 Diperbarui: 28 Maret 2023   11:12 666
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Alhamdulillaahirrabbil 'aalamiin.
Puji syukur kehadirat Allah Swt atas nikmat dan karunia, yang mana di antara kita dalam keadaan sehat dan kuat sebagai hamba-Nya di muka bumi, mendapat kesempatan dan terpilih untuk bisa menikmati dan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan tahun ini.

Kita berdoa dan bermohon kepada-Nya, agar ibadah yang kita laksanakan, mendapatkan rahmat dan keberkahan. Tak sekedar mengucapkan 'aamiin' atas doa tersebut, tetapi kita terus menyiapkan diri dengan ilmu dan belajar sepanjang hayat dalam memaknai dan memahami segala perintah dan larangan-Nya.

Seperti halnya dengan Ramadan. Kita menjalani ibadah puasa wajib di bulan Ramadan. Kita sering membicarakannya, tapi apakah kita sudah tahu arti Ramadan?

Ada yang menjawab, Ramadan itu bulan puasa. Puasa itu Ramadan. Ya, memang tidak salah juga. Karena orang awam pun mengetahuinya bahwa bulan Ramadan adalah bulannya orang berpuasa wajib satu bulan penuh. Dan, puasa wajib itu hanya dilakukan di bulan Ramadan.

Jangan-jangan tiap tahun kita mendengar dan membaca 'Ramadan' tetapi tidak atau belum tahu artinya.

Baca juga:ย Ramadan di Rumah, Ngapain Aja?

Lalu apa arti atau makna sebenarnya dari Ramadan?ย Apa saja yang Allah Swt dan Rasul-Nya janjikan kepada umat Islam pada bulan tersebut?

Berikut saya menyampaikan kembali tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz Adi Hidayat (UAH)ย dengan niat menjadi ilmu dan pengetahuan tentang Ramadan, serta menjadi pengingat diri pribadi yang masih fakir ilmu. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

***

Marhaban yaa Ramadhaan (sumber gambar: https://surabaya.tribunnews.com)
Marhaban yaa Ramadhaan (sumber gambar: https://surabaya.tribunnews.com)


Puasa yang kita tunaikan saat ini - bagi umat Islam - merupakan perintah Allah Swt sebagaimana firman-Nya dalam Al-Qur'an Surah Al-Baqarah ayat 185, yang mana waktunya disebutkan oleh Allah Swt dengan Ramadan.ย 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun