Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Administrasi

#Menulis sesuai suara hati,kadang kritis,tapi humanis,berdasar fakta dan realita#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#Jangan membungkam#

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Sound of Borobudur, The Soul Music of Future Past

11 Mei 2021   19:10 Diperbarui: 11 Mei 2021   19:13 944 46 4
Lihat foto
Sound of Borobudur, The Soul Music of Future Past
Ilustrasi gambar Candi Borobudur | Dokumen Pixabay.com

Betapa megahnya Candi Borobudur ini, bagaimana caranya orang-orang yang hidup pada ratusan abad yang silam ini bisa membuat candi Borobudur ini yah?

Takjub, tertegun, terpana, dan terpesona, keheranan hingga membuncahkan rasa penasaran dan keingintahuan.

Ya, begitulah kiranya yang menjadi kesan mendalam saya ketika melihat dan pernah mengunjungi Candi Borobudur ini.

Borobudur di mata saya adalah mengambarkan nilai spiritualitas nan agung dan hakiki akan kepercayaan dan ketaatan kepada Tuhan pencipta semesta alam.

Stupa-stupanya menunjuk ke langit, seperti mengatakan, bahwa ada sesuatu di atas sana, ada suatu pengejawantahan ada yang maha menciptakan semesta ini. Ada Tuhan pencipta semesta alam ini.

Ketika juga saya memandangi dinding-dinding ukiran relief Borobudur secara saksama, theatre of mind saya berkreasi dan alam bawah sadar saya membawa pikiran saya untuk melukiskan kehidupan peradaban seperti yang terukir pada relief-relief yang terdapat di Borobudur.

Bahkan, ketika saya terpaku fokus memandangi berbagai jenis alat musik yang terukir pada relief Borobudur, saya mencoba membunyikan alunan nada dari berbagai jenis alat musik tersebut sesuai bunyi nada yang ada di alam pikiran dan kedalaman jiwa saya.

Sungguh luar biasa, betapa saya seperti mendengar orkestra simfoni yang indah nan harmonik, begitulah kiranya, bunyi-bunyian alunan nada tersebut sesuai alam pikiran dan jiwa saya. 

Ya, saya pun merasakan betapa terasa begitu amat nyatanya sound of borobudur versi dari alam pikiran dan kedalaman jiwa saya sendiri.

Betapa juga ukiran relief-relief gambaran aspek kehidupan yang terukir di Borobudur, serasa hidup secara nyata dalam alam pikiran dan kedalaman jiwa saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN