Selly Fitriyani Wahyu
Selly Fitriyani Wahyu Mahasiswa

A journalism undergraduate student who is interested in the creative industry and education matters. She does her best to any projects or work that involves her. Her vision is to raise education awareness and support others to achieve their dreams. She believes her ability to collaborate creativity, human resources, and social media optimization can make her visions come true in every little step.

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Rama-done Berujung Lebar-an

13 Mei 2022   09:11 Diperbarui: 13 Mei 2022   09:56 597 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Rama-done Berujung Lebar-an
SAJIAN OPOR AYAM KALA LEBARAN. Sajian berbahan utama santan dan ayam yang tak pernah luput dari rangkaian Lebaran. Foto: Selly Fitriyani Wahyu

Sorai takbir menggema semalam penuh, menyadarkan Ramadan telah usai. Kokok ayam jantan mengiringi pergantian hari menuju hari yang suci, Hari Raya Idul Fitri. 

Meski tidak genap sebulan berpuasa, pertarungan melawan hawa nafsu dan dahaga “terbalaskan” di hari lebaran dengan kalap melahap banyak santapan berlemak. Mulai dari kue kering hingga opor ayam dicoba satu persatu. Akankah lebaran kali ini berujung lebar-an?

***

Menu Wajib Lebaran dari Tahun ke Tahun

Setiap rumah memiliki tradisi tersendiri dalam menyambut Idul Fitri, tanpa terkecuali Hasan dan Ami. Olahan daging sapi dan ayam seolah tidak pernah luput dari meja makan kala lebaran tiba.

“Kalau menu wajib yang selalu ada di rumah gue biasanya opor ayam, rendang, ketupat, sama kue kering, kayak nastar atau kastengel,” ucap Hasan sembari menyampirkan sarungnya di bahu.  Air mukanya menghangat ketika sedang bercerita.

Senada dengan Hasan, Ami pun turut mengungkapkan hidangan turun temurun yang wajib disajikan oleh keluarganya. Perempuan yang sedang sibuk memanaskan rendang saat disambangi itu menuturkan bahwa suguhan di rumahnya tidak akan jauh-jauh dari menu olahan berbahan santan serta kue kering.

“Setiap lebaran di rumah gue selalu ada masakan bersantan dari gulai sampai opor. Gue enggak tahu alasan pastinya, mungkin perbaikan gizi? Atau malah pembalasan setelah sebulan puasa, maksudnya dihajar gitu pakai makanan berlemak,” sahut wanita bertudung hitam itu dengan ekspresi jenaka.

Tradisi Kudapan yang Mendarah Daging 

SUGUHKAN KUE KERING KALA LEBARAN. Kue kering menjadi sajian yang tak pernah luput dari rangkaian Hari Raya Idul Fitri. Foto: Selly Fitriyani Wahyu
SUGUHKAN KUE KERING KALA LEBARAN. Kue kering menjadi sajian yang tak pernah luput dari rangkaian Hari Raya Idul Fitri. Foto: Selly Fitriyani Wahyu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan