Sari Indriyana
Sari Indriyana Mahasiswa

Jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala-Nya

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Suka Duka Lebaran Tahun ke-2 Saat Pandemi

20 Mei 2021   00:14 Diperbarui: 20 Mei 2021   00:28 515 2 0

Hari raya Iedul Fitri yang jatuh pada hari Kamis, 13 Mei 2021 masih dirayakan secara online dan dirumah saja lantaran masih berada saat Pandemi covid-19. Hal itu dikarenakan saat ini pemerintah masih berupaya untuk mencegah penyebaran virus Corona covid-19. Yang salah satunya dengan menerapkan larangan mudik, PSBB, dan juga dirumah saja. 

Mengingat kondisi saat ini yang masih sama saja seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan Lebaran 2021 ini hanya disemarakkan dengan cara virtual atau online yaitu bersilahturahmi secara online. Silahturahmi virtual itu dilakukan dengan keluarga yang jauh, teman, dan tetangga di sekitar rumah guna menyemarakkan perayaan Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah ditengan Pandemi covid-19.

Aktivitas saling kunjung berkunjung, bermaaf-maafan secara langsung, bercengkrama dalam lingkup silahturahmi tetangga hingga keluarga besar sudah menjadi tradisi yang turun menurun dan mendarah daging. 

Ritual lebaran tanpa jabat tangan dan sapa rasanya mungkin hambar tetapi ini demi kebaikan kita semua. Sebagian masyarakat bahkan masih sulit membayangkan gaya hari kemenangan dengan cara berbeda seperti biasanya.  Namun, Pandemi covid-19 terpaksa mengubah semuanya. Hal ini yang sulit untuk dibayangkan tersebut tidak disangka akan terjadi. Lebaran kini harus dilalui tanpa ada silahturahmi secara langsung. 

VIDEO PILIHAN