Samsudin Simatupang
Samsudin Simatupang Penulis

Penulis kelahiran Palembang pada 13 nopember 1961. Saat ini menjadi anggota PPPSU ( Perkumpulan Penulis Pendidik Sumatera Utara ). Kegiatan sehari hari menulis artikel di Gurusiana Media Guru dan Kompasiana Indonesia, Pemerhati Kegiatan Sosial Kemasyarakatan.

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Ramadan Bulan Kasih Sayang

20 April 2022   17:30 Diperbarui: 20 April 2022   17:32 298 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ramadan Bulan Kasih Sayang
Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Bulan Ramadan sudah memasuki hari ke-18. Banyak hal yang perlu dicatat dalam bulan Ramadan. Salah satunya adalah terciptanya suasana kasih sayang pada bulan Ramadan. Bulan Ramadan sudah membentuk jiwa sosial bagi orang berpuasa. Terlihat dari kegiatan bukber, salat tarawih, infaq dan lain lain.

Orang berpuasa akan menciptakan suasana kasih sayang diantara sesama. Mereka yang mampu membantu orang yang membutuhkan. Mereka yang mempunyai kelapangan rizki membantu orang lain. Sehingga terciptalah suasana kasih sayang dalam kehidupan ini. Tak akan pernah terjadi kesenjangan sosial diantara sesama.

Puasa Ramadan telah mewujudkann suasana hati yang berjiwa sosial. Hal ini membangkitkan kembali fitrah manusia sebagai makhluk sosial. Saling ketergantungan diantara mereka terlihat karena tidak ada yang bisa berdiri sendiri. Kita akan membutuhkan pertolongan orang lain walaupun mempunyai rizki melimpah.

Allah swt menciptakan manusia dalam bentuk yang paling sempurna dibandingkan makhluk lainnya. Tinggal bagaimana kita menyikapi dengan bijaksana. Kita harus berjiwa sosial karena saling membutuhkan satu sama lain. Bulan Ramadan telah menciptakan suasana kasih sayang. Inilah hal terpenting dalam kehidupan ini.

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan