Bude Ruri
Bude Ruri Guru

Hidup bermanfaat lebih beruntung

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Sudahkah Anda Membeli Kue Lebaran, Berikut Tips Menyiapkan Kue Lebaran

17 April 2022   13:04 Diperbarui: 18 April 2022   21:30 2080 13 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sudahkah Anda Membeli Kue Lebaran, Berikut Tips Menyiapkan Kue Lebaran
Berbagai macam aneka kue lebaran yang layak ada di meja tamu. Ilustrasi gambar : hot.liputan6.com

Hari raya idul fitri adalah hari raya yang ditunggu umat Islam dunia. Juga disebut dengan hari kemenangan umat Islam setelah melewati puasa satu bulan penuh. Hari kemenangan yang dijadikan ajang silaturrahmi sesama saudara, tetangga, sahabat, rekan kerja dan atau siapa saja yang menjadi komunitas dalam hidupnya.

Dalam perjalanan menuju kemenangan banyak orang melaluinya penuh hikmad dan kehati-hatian. Termasuk di dalamnya menjalani kewajiban puasa selama satu bulan. Selama itu pula banyak hal-hal yang menjadi anjuran dan kesunahan puasa yang dapat dilakukan dalam mencari keberkahan dan keafdholan puasa.

Misalnya dianjurkan berbagi sedekah kepada dhuafa'  dan orang-orang yang membutuhkan,  memperbanyak amalan sunah dimalam hari dengan menjalankan ibadah salat tarawih, juga memperbanyak membaca alqurn dan masih banyak lagi amalan-amalan sunah yang dianjurkan selama dalam bulan suci ramadhan.

Pada umumnya sebagian besar umat Islam mempersiapkan pakaian lebaran juga tak ketinggalan  berbagai macam kue lebaran. Termasuk saya yang sudah lebih dari sepuluh tahun ini bersama ibu-ibu majlis taklim mengadakan arisan jajan.

Sebetulnya lebih tepatnya menabung untuk membeli jajan pada saat lebaran tiba. Mula-mula kami dari pengurus taklim menerima setoran setiap minggunya sesuai dengan kesepakatan, misalnya setiap minggunya 10.000, maka dalam satu tahun ke depan uang sudah terkumpul banyak. Ada bendahara yang siap menerima dan mencatatnya.

Setelah uang terkumpul dalam satu tahun maka saat mendekati lebaran kira-kira dua pekan sebelumnya pengurus sudah membelanjakan aneka kue dan minuman.

Bagi kami ibu-ibu dengan ekonomi menengah ke bawah membeli kue menjadi hal yang mahal yang harus disiapkan, padahal jika mendekati lebaran biasanya semua kebutuhan pokok naik. Belum lagi persiapan baju lebaran untuk keluarga. Tentu ibu-ibu harus pandai mengatur uang belanja. Apalagi selama ramadhan juga harus mempersiapkan berbuka dan makan sahur yang menjadi prioritas.

Berkumpulnya keluarga saat lebaran menjadi ajang silaturrahmi yang membahagiakan. Gambar : sekolahdasar.net.
Berkumpulnya keluarga saat lebaran menjadi ajang silaturrahmi yang membahagiakan. Gambar : sekolahdasar.net.

Berikut manfaat mengikuti arisan jajan :

Pertama, sebagai tabungan 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan