Rheza Maestra Yoesananda
Rheza Maestra Yoesananda Mahasiswa

belajar menjadi penulis handal, mahasiswa perguruan tinggi yang memiliki segudang cita cita

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya

3 Tips Menjaga Kekebalan Tubuh pada Saat Puasa di Tengah Pandemi COVID-19

15 April 2021   21:29 Diperbarui: 15 April 2021   22:07 162 0 0

Bulan Ramadhan sudah di depan mata. Tubuh harus tetap bugar agar kita dapat menjalani puasa sebulan utuh lamanya. Namun bagaimana caranya?

tentu saja kita harus menjaga pola makan kita disaat kita sedang berpuasa, dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang berkualitas kita dapat menjalankan puasa dengan baik dan tentu saja dapat mencegah tubuh kita terserang virus terutama disaat kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Nah kali ini penulis akan membagikan "3 Tips menjaga kekebalan tubuh pada saat puasa di tengah pandemi COVID-19".

3 Tips menjaga kekebalan tubuh disaat puasa

1. Menjaga asupan makanan serta minuman

Menjaga kualitas asupan makanan dan minuman tentu saja dapat memperbaiki sistem imun tubuh terutama dikondisi saat ini. kualitas makanan perlu kita jaga dengan memakan makanan yang bergizi dan mengandung protein yang tinggi. 

pada saat sahur dan berbuka alangkah baiknya jika kita menghindari makanan yang berminyak atau berkolesterol tinggi karena dapat memicu tubuh untuk merasa haus dan tenggorokan terasa kering. mengurangi makanan dengan kadar asam yang tinggi juga penting karena dapat memicu naiknya asam lambung. selain itu kita juga harus meningkatkan asupan cairan 2 kali lipat daripada hari biasa, hal itu bertujuan agar kebutuhan cairan dalam tubuh kita tetap terpenuhi saat sedang berpuasa.

2. Berolahraga

Dalam hal ini olahraga juga harus tetap kita jaga dengan melakukannya minimal 1 jam setelah berbuka puasa. karena pada waktu itu tubuh telah mencerna makanan yang kita makan dengan baik. dengan begitu kita bisa lebih optimal dan efektif dalam berolahraga. 

Namun perlu diingat kita cukup berolahraga ringan saja dan tak boleh lebih dari 1 jam lamanya.

3. Menjaga protokol kesehatan

Selain menjaga kondisi tubuh dari dalam, kita juga dituntut harus menjaga kondisi tubuh dari luar yaitu dengan cara tetap menjalani protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah dengan cara 5M:

  1. Memakai masker,
  2. Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir,
  3. Menjaga jarak,
  4. Menjauhi kerumunan, serta
  5. Membatasi mobilisasi dan interaksi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN