Renaldi Fadliansyah
Renaldi Fadliansyah Wiraswasta

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Uin Sunan Kalijaga (20107030033)

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Tips dan Amalan saat Ramadhan

14 April 2021   19:21 Diperbarui: 14 April 2021   19:31 292 4 1
Lihat foto
Tips dan Amalan saat Ramadhan
Sumber Foto : Monitor.co.id

Memasuki bulan ramadhan, tentunya umat muslim pasti diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh, terhitung mulai hari selasa (13/04/2021) umat muslim di tanah air, tengah menjalani puasa Ramadhan hari pertama.

Sebagai umat muslim tentunya harus bisa menyesuaikan diri dengan pola makan dan kebiasaan baru selama bulan Ramadhan, tidak heran pula jika ada individu yang merasa lemas pada hari pertama puasa.

Saat menjalankan puasa, tiap individu pasti juga belajar untuk lebih bersabar, berbagi dan menghargai orang lain, banyak cobaan yang akan datang di bulan puasa, terlepas dari hal itu kita harus melandasi puasa Ramadhan ini dengan bekal yang kita punya agar lebih maksimal dalam menjalankan ibadah di bulan yang penuh berkah.

Nah, tentunya ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar tetap bisa menjaga daya tahan tubuh dan bisa meningkatkan ibadah kita selama Ramadhan . Berikut beberapa tips agar kita mampu menjalankan ibadah di bulan Ramadhan dengan maksimal.

  • Jangan Melewatkan Sahur

Pada saat bulan Ramadhan tentunya banyak kesibukan hingga kita lalai dan meninggalkan sahur, padahal sahur ada karena alasannya dirancang untuk memastikan kita memuat tubuh  dengan energi yang cukup untuk menjalani puasa sambil memastikan kita tetap terhindar dari dehidrasi.

Ada banyak rekomendasi hidangan tambahan yang bagus dikonsumi saat sahur seperti yoghurt, segelas susu, dan pisang. Usahakan mencari makanan dengan kandungan yang baik untuk tubuh seperti kaya vitamin dan mineral yang meski diperlukan dalam jumlah sedikit karena mempunyai fungsi yang vital bagi metabolisme dalam tubuh. Selain itu kita juga jangan menghabiskan seluruh energi dalam beberapa hari pertama, usahakan untuk konsisten sepanjang bulan.

  • Memohon Ampunan Kepada Allah Terutama Antara Sahur dan Subuh.

Disebutkan bahwa sahabat Abdullah ibnu Umar melakukan salat (sunat di malam hari), kemudian bertanya, "Hai Nafi, apakah waktu sahur telah masuk?" Apabila dijawab, "Ya," maka ia mulai berdoa dan memohon ampun hingga waktu subuh.

 Ibnu Jarir mengatakan, telah menceritakan kepada kami ibnu Waki, telah menceritakan kepada kami ayahku, dari Hurayyis ibnu Abu Matar, dari Ibrahim ibnu Hatib, dari ayahnya yang menceritakan bahwa ia pernah mendengar seorang lelaki yang berada di salah satu bagian dalam masjid mengucapkan doa berikut: "Ya Tuhanku, Engkau telah memerintahkan kepadaku, maka aku taati perintah-Mu; dan inilah waktu sahur, maka berikanlah ampunan bagiku". Ibnu Murdawaih meriwayatkan dari Anas ibnu Malik yang mengatakan bahwa kami (para sahabat) bila melakukan salat (sunat) di malam hari diperintahkan untuk melakukan istigfar di waktu sahur sebanyak tujuh puluh kali. (quranhadist.com)

  • Hindari Aktifitas yang Menganggu Ibadah

Hilangkan gangguan apa-pun, kita harus memaksimalkan Ramadhan dengan meningkatkan ibadah-ibadah kepada allah. Karena kita sebagai umat muslim pasti tidak akan tahu apakah kita juga bisa berjumpa pada Ramadhan berikutnya.

Banyak upaya agar kita bisa menghindari hal-hal yang bersifat sia sia, salah satunya dengan menjauhkan kita dengan handphone, karena jika kita tidak mampu mengendalikan diri pasti kita hanya kan bermalas-malasan.

  • Utamakan Tarawih & Tahajud

Mengutamakan dalam artian kita juga tetap menjalankan ibadah wajib sholat 5 waktu. Sholat tarawih perlu diutamakan karena hanyabdatang pada waktu Ramadhan saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN