Prasetya AndreanTriputra
Prasetya AndreanTriputra Wiraswasta

Selamat membaca!

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan

5 Iklan Ramadan Paling Berkesan

23 Juni 2020   10:00 Diperbarui: 23 Juni 2020   10:02 11 0 0

Bulan Ramadhan selalu memberikan kenangan manis bagi setiap orang yang merayakan maupun yang tidak merayakan.

Bagi saya sendiri sebagai salah satu yang tidak merayakan, bulan Ramadhan memberikan saya kesempatan untuk mengunjungi dan merayakan bulan Ramadhan bersama kerabat.

Hal lain yang menjadi alasan mengapa saya selalu menantikan bulan Ramadhan adalah munculnya berbagai iklan menarik dari brand-brand besar. 

Iklan yang ditampilkan juga memiliki beragam warna. Ada yang menggelitik, mengharukan, dan lain sebagainya. Namun, semua warna tersebut tetap diakhiri dengan adegan yang membuat hati terasa hangat. 

Kali ini, saya merangkum beberapa iklan terbaik yang hadir pada bulan Ramadhan. 

Iklan Sirup

Salah satu iklan Ramadhan terbaik, dan selalu ditunggu kehadirannya. Iklan bersambung yang memiliki beberapa bagian cerita dan menghadirkan cerita puncak nya pada hari raya lebaran. Iklan selalu memiliki cerita menarik, seru, dan membuat penasaran. 

Ojek Online

Iklan ojek online yang berjudul "Cari Pahala" menceritakan tentang petualangan seorang anak yang ingin mencari tahu apa itu pahala. Iklan ini tayang pada bulan Ramadhan tahun 2018. Meski hanya berdurasi 1.08 menit, iklan ini dikemas dengan padat dan jelas, sehingga kita sebagai penonton dapat mengerti dan mengikuti alur cerita iklan tersebut. 

Toko Swalayan

Iklan Ramadhan yang paling menghantui. Menghantui? APA MAKSUDNYA?! Iya, menghantui. Lagunya yang cukup eksentrik mampu menghantui otak saya selama beberapa minggu. "Kerja lembur bagai kuda" dengan hentakan khas Melayu pada setiap kata-katanya, apalagi iklannya menggunakan konsep karoke, ditambah dengan penggunaan pemeran yang membuat iklan ini terlihat sangat menyenangkan. Pada intinya, iklan yang cukup fenomenal ini mampu menjadi buah bibir di setiap platform media sosial. Iklan menyenangkan, pesan tersampaikan. 

E-commerce

Iklan Ramadhan dari Tokopedia ini tayang pada Ramadhan tahun 2018. Saya sendiri bingung bagaimana cara mendeskripsikan iklan ini, rasanya saya seperti memakai kalung bawang yang diikatkan di mata dan di hidung setiap menonton iklan ini. Alur mundur yang dihadirkan terbukti berhasil (bagi saya) memainkan emosi, menghangatkan hati, menghadirkan senyum dengan baluran air mata yang menghiasi. 

Biskuit Wafer

Khong Guan menghadirkan iklan dengan tema Ramadhan yang lebih relate dengan situasi saat ini, yaitu di mana kita tidak bisa lebaran dan bersilaturahmi dengan keluarga, oleh karena itu silaturahmi dilakukan dengan menggunakan video call. Secara keseluruhan, Khong Guan menggunakan animasi untuk menceritakan dan memberikan pesan mereka. Copy yang jelas, visual yang menghibur, dan jalan cerita yang pasti membuat kita tersenyum dengan air mata yang tinggal menunggu satu kedipan lagi agar terjatuh. Apalagi bagi teman-teman perantau yang saat ini hanya bisa berhubungan dengan keluarga dengan video call.

 Itu dia 5 iklan Ramadhan yang paling berkesan. Ingin membuat iklan untuk brand Anda? Pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui segmentasi pasar dan faktor-faktor penting lainnya. 

Pada akhirnya, saya mengucapkan selamat merayakan hari raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin!