Prama R Putranto
Prama R Putranto Guru

Berbagi Kebahagiaan | Pendidikan Jasmani | Sebuah Novel Jam Sukat dan Peluit | Instagram : @pramagreatwarrior | Twitter : @pramaGW

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Ragam Alasan Hobi Koleksi Barang, Hati-hati Nomor 6!

5 Mei 2021   08:50 Diperbarui: 5 Mei 2021   09:00 324 23 4
Lihat foto
Ragam Alasan Hobi Koleksi Barang, Hati-hati Nomor 6!
Hobi Mengoleksi Diecast Memiliki Keasyikan Tersendiri - Sumber : otomotif.kompas.com

Entah apa yang ada dipikiranya, diecast semahal itu tetap ia beli meski rela merogoh kocek sangat dalam, ia tak peduli yang penting hepi. Apa nanti kata anak istrinya ya? 

Terkadang rasa heran muncul ketika melihat seorang sahabat yang benar-benar gila dalam menjalankan hobinya. Salah satu hobi yang nyatanya butuh modal yang sangat banyak sehingga kadang harganya tak masuk akal. Namun, berapapun harganya kalau sudah hobi, kalau sudah suka, ya tetap dibeli. Hal itu mungkin pertanyaan yang ada dalam benak orang lain, orang yang tidak mengerti mengapa memiliki hobi sedemikian rupa dan atas dasar alasan apa rela melakukannya hingga tak peduli kondisi keuangannya. Kita tidak tahu apa yang terjadi sesungguhnya, yang terlihat hanya permukaannya saja. Sebaiknya jangan sampai salah menilai, perlu mendalami apa alasan dibalik hobi yang dilakukan sehingga akan mengobati rasa penasaran.

1. Unik 

Biasanya orang hobi mengoleksi barang karena keunikannya. Misalkan saja membeli diecast yang diproduksi secara terbatas sehingga dapat memilikinya merupakan sebuah kebanggaan bagi dirinya. Tak hanya itu jika ingin dijual kembali akan memiliki nilai jual yang tinggi. Kalaupun tidak si empunya akan mendapatkan kepuasan batin tersendiri.

2. Memori Masa Kecil 

Masa kecil merupakan masa yang paling indah. Dimana hidup tanpa beban pikiran dan tanpa tuntutan. Keseharian penuh warna dengan bermain bersama teman-teman. Apalagi ketika Hari Minggu tiba. Dari pagi hingga sore hari menonton film kartun bersama teman-teman, sungguh mengasyikkan. Lekat dalam ingatan hingga tercipta memori yang tak akan pernah pudar. Hobi koleksi barang ketika dewasa terdapat alasan dibaliknya. Mengenang memori masa kecil adalah salah satunya. Masih teringat jelas ketika ulang tahun diberi hadiah oleh ayah atau ibu mainan mobil-mobilan sehingga membuat hati sangat girang. Ketika dewasa ingin sekali kembali ke masa-masa bahagia itu, namun sayangnya waktu tak dapat diputar kembali. Untuk mengobati rasa rindu itu salah satunya dengan cara mengkoleksi barang-barang penuh kenangan di masa kecil dulu.

3. Investasi 

Sebagian orang hobi mengkoleksi barang sebagai upaya untuk berinvestasi. Misalkan saja barang antik nan unik dan bernilai tinggi jika dipoles sedikit harganya akan melambung tinggi dan tentunya banyak orang yang mencari. Hal ini menjadi sebuah peluang bisnis dan berinvestasi untuk masa yang akan datang. Butuh kejelian melihat peluang serta keunikan serta nilai jual yang tinggi dibalik barang antik.

4. Meningkatkan Kreativitas 

Ketika melihat barang yang mungkin sebagian orang barang tersebut merupakan barang rongsokan. Namun bagi seorang kolektor dan penghobi barang yang tahu, maka menganggap itu sebagai gunungan emas yang bernilai tinggi. Sedikit polesan dengan kreativitas maka yang orang lain anggap sebagai rongsokan berubah menjadi barang yang bernilai tinggi bagi para penghobi lainnya. Nah, hal ini merupakan bukti bahwasannya hobi koleksi barang mampu memantik daya kreativitas seseorang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN