Haryadi Yansyah
Haryadi Yansyah Wiraswasta

ex-banker yang kini beralih profesi menjadi pedagang. Tukang protes pelayanan publik terutama di Palembang. Pecinta film dan buku. Blogger, tukang foto dan tukang jalan amatir yang memiliki banyak mimpi. | IG : @OmnduutX

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN Pilihan

Cerpen: Hilal Mengacau Si Hajah Ijah

23 Mei 2020   04:00 Diperbarui: 23 Mei 2020   04:36 615
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen: Hilal Mengacau Si Hajah Ijah
Kue Maksuba khas Palembang. Sumber https://www.ypscontentwriter.com/

"Yakin nih, bu?" tanya Pak Manto lagi.

"Iya, masih ada waktu kok buat bikinnya. Yang jelas, ibu akan bikin kue yang paling enak. Biar tahun depan makin banyak yang pesen. Lumayan banget ini untungnya buat beli gelang baru, hihihi," ujar Bu Ijah.

Jadilah, selain terus mengjalankan warung sembako, di seminggu terakhir menjelang lebaran Bu Ijah mulai mempersiapkan secara khusus bahan-bahan untuk membuat kue.

"Blackforrest 8 loyang... kue lapis 12 loyang. Trus, bolu karamel 15 loyang...." gumam Bu Ijah sambil mencatat pesanan. Senyumnya mengembang tanpa tahu ada kekacauan yang sudah menghadangnya ke depan.

Bentuknya nggak cantik, tapi rasanya enak. Sumber cookpad.com
Bentuknya nggak cantik, tapi rasanya enak. Sumber cookpad.com
* * *

"Pak, kita jadinya lebaran tanggal 25, kan?" tanya Bu Ijah.

"Kalau di kalender sih tanggal 25," jawab Pak Manto. "Kenapa emang?"

"Ya ini mau ngatur waktu bikin kuenya. Kan kuenya ini mau dimakan pas lebaran. Jadi nggak bisa kecepetan bikinnya. Bisa-bisa kuenya lapukan kayak bapak hehehe," ujar Bu Ijah terkekeh.

"Alah, lapuk gini tapi ibu masih sayang kan?" respon Pak Manto genit.

Mendengar itu Bu Ijah hanya tersenyum nakal. "Alamat mandi besar lagi nih ntar malam," lamunnya liar. Bu Ijah senyum-senyum mesem sendiri sampai Pak Manto keheranan. "Eh omong-omong, panggangannya kecukup gak tuh buat manggang kue?"

"Mestinya sih ada 2 panggangan biar lebih cepet. Tapi masih cukuplah Pak. Ibu mulai nyicil bikin kue dari tanggal 23. Malam lebaran tanggal 25 semua kue bisa diantar ke rumah-rumah tetangga," jawabnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun