Nugroho Endepe
Nugroho Endepe Dosen

Katakanlah “Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering; maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?” (67:30)

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Alhamdulillah Lunas Puasa 1 Tahun 1442 H

25 Mei 2021   18:29 Diperbarui: 25 Mei 2021   18:31 453 3 0
Lihat foto
Alhamdulillah Lunas Puasa 1 Tahun 1442 H
Soto nyaman untuk berbuka plus ketupat plus opor plus banyak lagi..(dokpri)

Alhamdulillah hari ini 25 Mei 2021 sebagian dari kita lunas puasa 6 hari di bulan Syawal. Nilainya setara dengan puasa selama 1 tahun berturut-turut. Pahala yang luar biasa, dan membuat kita pingin puasa dan puasa lagi. Sebab, pas buka rasanya enak banget. Belum lagi membayangkan nanti akan diberikan pahala secara langsung di hari Pembalasan.

Memang sudah banyak riwayat yang mengatakan keutamaan puasa syawal adalah mendapatkan pahala yang berlipat ganda, yaitu seperti menjalankan puasa selama setahun. 

Puasa Syawal hanya dikerjakan selama enam hari, akan tetapi Allah SWT akan memberi ganjaran atau pahala seperti seseorang yang puasa selama 12 bulan.

Keutamaan puasa syawal ini dijelaskan dalam hadis riwayat muslim berikut ini:

"Barangsiapa yang telah melaksanakan puasa Ramadhan, kemudian dia mengikutkannya dengan berpuasa selama enam hari pada bulan Syawal, maka dia (mendapatkan pahala) sebagaimana orang yang berpuasa selama satu tahun." (HR. Muslim)

Alhamdulillah, kolega saya di Stiamak Barunawati Surabaya juga sebagian ada yang istikomah menjalankan ibadah ini. Cerita ini semoga bukan riyak ya, namun sebagai iktibar bahwa di dunia modern di tengah panasnya bisnis pelabuhan dan udara Tanjung Perak yang ngenthang-enthang, masih ada kok lho ya yang legowo menjalankan puasa bahkan yang sunah sekalipun.

Jamaah Ar Rahmah, Jamaah Masjid Mujahidin,  Masjid Baitul Hakam, dan saat ini akan dibangun Masjid Barunawati, didukung oleh jemaat yang bukan saja ibadah sosial namun juga ibadah personal. 

Berita seperti ini perlu disebarluaskan untuk memberi semangat bagi umat yang ragu-ragu mau puasa atau gak ya. Soalnya jajanan banyak dan enak-enak di Surabaya, murah-murah lagi. 

Nah, alhamdulillah bagi yang belum genap 6 hari, silakan digenapi. Semoga puasa Ramadhan yang penuh dengan disambung puasa Syawal, akan memberikan barokah dari Allah SWT, dan kita bahagia dunia wal akhirat.


HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN