Khairunisa Maslichul
Khairunisa Maslichul Dosen

Improve the reality, Lower the expectation, Bogor - Jakarta - Tangerang Twitter dan IG @nisamasan Facebook: Khairunisa Maslichul https://nisamasan.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Cara Silaturahmi yang Efektif saat Pandemi

14 Mei 2021   23:14 Diperbarui: 15 Mei 2021   00:37 421 4 0
Lihat foto
Cara Silaturahmi yang Efektif saat Pandemi
Silaturahmi saat pandemi kini memang memiliki seninya tersendiri (Ilustrasi: latestly.com)


Idul Fitri di tahun 2021 ini kita kembali merayakan Lebaran dalam suasana pandemi. Anjuran (tak) pulang mudik membuat silaturahmi belum bisa seleluasa dulu.

Tapi kalau sampai tidak saling mengunjungi, jelas ada yang kurang. Lebaran identik dengan kumpul keluarga dan silaturahmi.

Sementara itu, angka kasus COVID-19 di Indonesia belum juga turun. Tahun 2021 ini malah terjadi mutasi virus Corona yang belum diketahui pasti mekanismenya.

Silaturahmi di kala pandemi ini memang menantang. Protokol kesehatan (prokes) harus benar-benar dilaksanakan.

Mulai dari masker wajah, hand sanitizer, hingga physical distancing tak boleh dilewatkan demi mencegah parahnya pandemi. Tentunya cara ini tak senyaman silaturahmi sebelum pandemi, namun kini memang harus dijalani sejak pandemi.

Setelah merasakan dua kali Ramadan dan Idul Fitri semasa pandemi, kisah saya dan kebanyakan orang tentang pandemi ternyata memiliki kemiripan. Kami berusaha menyeimbangkan antara silaturahmi dengan menjaga diri.

Maka inilah tiga cara agar silaturahmi saat pandemi tetap bisa terjalin sekaligus kondisi kesehatan tetap bagus. Ini memang tidak mudah namun kita tentunya tidak boleh menyerah.

Virtual

Inilah cara paling populer untuk tetap bersilaturahmi saat pandemi.  Tak heran sejumlah aplikasi video call menjadi laris manis saat ini.

Sebut saja Zoom dan Google Meeting. Keduanya saat ini paling banyak digunakan sehari-hari.

Selain keduanya, ada pula Skype dan WA yang telah lebih lama dipakai. Keluarga kami lebih nyaman memakai WA selama ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN