Siti Kurniati
Siti Kurniati Guru

menulis, merupakan generasi qurani

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan

Perjalanan SmartTren Ramadan 1443 H

13 Mei 2022   00:27 Diperbarui: 13 Mei 2022   00:29 714 9 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Perjalanan SmartTren Ramadan 1443 H
dok. SAVAL

Saat ini sudah memasuki bulan Syawal hari ke sebelas. Dan, Ramadan 1443 H sudah berakhir beberapa waktu yang lalu. Berakhirnya bulan yang mulia dan penuh ampunan ini tentunya selalu menyisakan kerinduan bagi kita, umat Muslim di mana pun berada. 

Tak ada yang seindah Ramadan, karena di dalamnya Allah swt telah menjanjikan rahmat, ampunan, dan pahala-pahala yang dilipatgandakan apabila kita selalu istikamah menjalankan kebaikan saat Ramadan maupun setelah Ramadan berlalu. Masyaallah. 

Sehubungan dengan Ramadan tahun ini, berbagai kegiatan keagamaan untuk para siswa di jenjang SMA, SMK, dan SLB telah dirancang sedemikian rupa oleh Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 

Rancangan kegiatan tersebut bertajuk "SmatTren Ramadan: Penumbuhan Budi Pekerti Bulan Ramadan 1443 H di Lingkungan Pendidikan SMA/SMK/SLB." Kegiatan ini pun selanjutnya disingkat menjadi "Sanlat (Pesantren Kilat)" dikarenakan waktunya yang singkat.

Adapun yang dimaksud dengan SmartTren ini adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan para siswa di sekolah selama Ramadan dalam upaya meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan memiliki akhlak yang mulia.

Sementara, tujuan yang diharapkan setelah mereka  (para siswa) mengikuti Sanlat tersebut antara lain tumbuh dalam diri mereka nilai-nilai luhur kepesantrenan, memiliki karakter tangguh, berwawasan luas, kegiatan amaliah di bulan Ramadan meningkat, dan hasil akhirnya adalah mereka mampu mengamalkan serta mengimplementasikan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari (membimbing, mengarahkan, melatih, membiasakan) yang dilakukan  secara bersama-sama dan kontinu antara pihak sekolah dan orang tua.

Sanlat ini pun memiliki fungsi sebagai sarana pembinaan (keimanan, ketakwaan, akhlak mulia), menumbuhkan nilai-nilai luhur kepesantrenan di lingkungan sekolah, serta sarana pembinaan keislaman dengan menerapkan dan melaksanakan pengetahuan, nilai-nilai, dan pengamalan ajaran-ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat membentuk sikap dan perilaku yang Islami. Aamiin. 

Berkaitan dengan hal tersebut, SMAN 1 Padalarang Kabupaten Bandung Barat yang berada di lingkungan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI, telah menyesuaikan kegiatan keagamaan dalam mengisi bulan suci Ramadan 1443 H ini.

Dengan mengusung tema "PERARI (Pekan Ramadan Kreatif) dan PENTRA (Pesantren Ramadan) SAVAL" dengan sub tema "Spirit Ramadan Menguatkan Generasi Milenial SAVAL yang Unggul dan Berkarakter," sukses dilaksanakan. 

Sanlat yang dibuka dan diresmikan oleh Kepala Sekolah, Asep Yayat RS, di Masjid Sekolah (yang baru rampung 65%) pada Senin, 9 Ramadan/11 April, berlangsung khidmat, dihadiri oleh para Wakil Kepala Sekolah, Panitia Sanlat Ramadan, Dewan Guru dan Staf Tata Usaha. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan