Tety Polmasari
Tety Polmasari Lainnya

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

TRADISI Pilihan

Mudik Aman dengan SNI

20 April 2023   15:32 Diperbarui: 20 April 2023   15:41 686
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mudik Aman dengan SNI
Sumber foto: kompas.com

Setelah pemerintah melarang masyarakat untuk mudik lebaran karena pandemi Covid-19, yang berarti selama 3 tahun, kini di tahun 2023 pemerintah sudah membolehkan masyarakat untuk pulang ke kampung halaman. 

Berlebaran bersama orang tua dan sanak saudara tentu menjadi momen yang dirindukan. Tidak heran, jika terminal, stasiun, bandara, pelabuhan kini ramai oleh para pemudik.

Di tahun ini, pemerintah memperkirakan sekitar 123,8 juta orang akan melakukan perjalanan mudik di masa libur Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah/Lebaran 2023. Dari jumlah itu, diperkirakan 50% orang memilih mudik menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat.

Karena itu, Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad , menegaskan pentingnya memastikan kendaraan dan kelengkapannya dalam keadaan benar-benar aman.

"Mudik memang menjadi euforia tersendiri bagi masyarakat. Karena itu, kami menghimbau masyarakat untuk selalu mengutamakan keselamatan dan keamanan, baik sebelum keberangkatan maupun selama perjalanan, ujarnya, Selasa 18 April 2023.

Dikatakan, masyarakat perlu bijak dalam mempersiapkan mudik, agar momen berkumpul bersama keluarga dapat menjadi momen bahagia. Terutama menyangkut keselamatan dalam berkendara dengan memastikan kendaraan layak jalan, kelengkapan keselamatan dipenuhi.

"Dan, tentu saja harus memastikan produk tertentu yang digunakan sudah ber-SNI," tegasnya.

Kukuh lantas mencontohkan bagi pemudik yang memilih menggunakan kendaraan pribadi, atau pengusaha yang mengoperasikan angkutan umum, wajib mengecek kembali kondisi ban yang digunakan.

Masyarakat harus memperhatikan bahwa setiap ban sepeda motor/mobil yang ber-SNI harus memiliki identitas/penandaan yang memuat berbagai informasi. 

Kepala Badan Standarisasi Nasional Kukuh S. Achmad (Dokumentasi Humas BSN)
Kepala Badan Standarisasi Nasional Kukuh S. Achmad (Dokumentasi Humas BSN)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun