Mohammad Farhan
Mohammad Farhan Lainnya

Mari kita menulis supaya mencerminkan pikiran

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan

Pembagian Paket Sembako untuk Anak Yatim

22 Mei 2021   21:00 Diperbarui: 22 Mei 2021   21:02 325 0 0

Bakti Sosial  atau yang lebih dikenal dengan baksos ialah suatu kegiatan wujud dari rasa kepedulian atau rasa kemanusiaan terhadap sesama manusia, yang bertujuan mempererat hubungan sesama manusia. Para pemuda kampung Pajagan Desa Wates Jaya kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor melakukan pembagian paket sembako kepada para anak yatim. Pembagian sembako ini sudah direncanakan oleh para pemuda kampung pajagan dua bulan sebelum puasa tiba. 

Pembagian sembako ini sudah menjadi agenda rutin para pemuda kampung pajagan setiap tahunnya. Biasanya pembagian sembako ini dilakukan dengan cara mengunjungi yayasan yatim yang ada di daerah Kecamatan Cigombong. Sehubungan dengan adanya covid-19 maka selama dua kali puasa ini, pembagian sembako hanya dilakukan kepada para anak yatim yang ada disekitaran kampung pajagan. Pembagian sembako ini bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antara anak- anak yatim dengan para pemuda kampung pajagan.

Kepemudaan kampung pajagan biasanya mengajukan pendanaan terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan pembagian sembako dilakukan. Pendanaan biasanya dilakukan dengan cara memberikan proposal kegiatan kepada para donatur, perusahaan-perusahaan yang ada disekitar kampung pajagan, serta dengan hasil dari kegiatan iuran bulanan warga yang dikumpulkan kurang lebih selama sembilan bulan.

 Biasanya pengirimian proposal pendanaan kegiatan harus melalui beberapa tahapan diantaranya review proposal oleh sekertaris rt, tanda tangan pengurus rt, dan yang terakhir adalah tanda tangan pengurus rw, setelah semua proses selesai dilakukan maka proposal pendanaan bisa diajukan kepada para donatur dan perusahaan-perusahaan. 

Setelah pendanaan selesai para pemuda kampung pajagan biasanya melakukan pendataan kepada para anak yatim dengan cara melakukan kunjungan kerumah anak yatim tersebut. Setelah data-data terkumpul biasanya para pemuda melakukan rapat dengan para panitia terkait acara pembagian serta apa saja isi didalam paket sembako yang akan diberikan kepada para anak yatim. 

Pembagian sembako kali ini cukup mengejutkan dari tahun-tahun sebelumnya sebab selain sembako ada juga uang tunai yang akan diberikan kepada para anak yatim. Isian dari sembako ini meliputi beras sebanyak dua liter, Minyak goreng satu liter, lima buah mie instant, dua buah sarden kalengan, satu buah sirup satu botol kecap manis, satu botol saus cabai, satu kue kaleng wafer, satu kg gula pasir, satu kotak teh, serta satu kaleng susu kental manis. Pemberian uang tunai dilakukan dengan menggunakan amplop yang didalamnya berisikan uang tunai sebesar seratus ribu per anak.

dokpri
dokpri
Setelah dirasa persiapan sudah selesai dan matang maka hari dimana pembagian sembako pun tiba. Selasa 27 April 2021 pukul 10.30 para pemuda membagikan sembako kepada para anak yatim. Sebelum pembagian sembako dimulai acara pertama yaitu sambutan dari ketua rt dan ketua rw. Acara selanjutnya yaitu laporan dari ketua panitia pembagian sembako kampung pajagan tahun 2021. 

Dilanjutkan dengan acara ketiga yaitu berdoa bersama serta pelepasan panitia dan para pemuda yang akan membagikan sembako. Pembagian sembako tahun ini dilakukan dengan cara mendatangkan para anak yatim ke halaman depan masjid kampung pajagan. Para anak yatim diharuskan menggukan masker serta mencuci tangan terlebiih dahulu sebelum memasuki area pembagian sembako.

Pembagian sembako dibuka dengan diberikannya sembako secara simbolis oleh ketua rt kepada salah satu anak yatim yaitu Andiq. Setelah itu para panitia memberikan sembako kepada anak yatim yang berjumlah sepuluh orang. Setelah pembagian sembako sudah selesai semua dilakukan, saatnya pemberian amplop yang berisikan uang tunai dibagikan kepada para anak yatim. Pembagian ini diawali secara simbolis oleh ketua panitia pembagian sembako kampung pajagan tahun 2021 yaitu saudara risky kepada anak yatim yang bernama Fitri. 

Pembagian sembako dan uang tunai ini dilakukan secara cepat mengingat tidak boleh terlalu lama berkumpul didalam suatu acara ini dikarenakan covid-19 ini masih terjadi. Acara terakhir dalam acara pembagian sembako ini ditutup dengan pembacaan doa oleh salah satu pemuka agama yang berada dikampung pajagan yaitu bapak Hari. Pembagian sembako ini bisa dikatakan cukup sukses dari tahun sebelumnya sebab oleh para panitia dan pemuda kampung pajagan disusun secara lebih rinci, lebih tepat sasaran, dan sesuai dengan target yang diharapkan. Ketu rt kampung pajagan pun memberikan apresiasi terhadap acara tahunan ini kepada para pemuda dan panitia karena telah sukses dilaksanakan.

VIDEO PILIHAN