Mawan Sidarta
Mawan Sidarta Asisten Rumah Tangga

Usaha kecil-kecilan di rumah. 😀😀** E-mail : mawansidarta@yahoo.co.id atau mawansidarta01@gmail.com https://m.detik.com/travel/detiktravel-inside /d-2463089/sambutlah-ini-dia-petualang-terbaik-tahun-2013 😀😀** https://www.kompasiana.com/kompasiana/556c4b3141afbdfd038b456f/blog-competition-ceritamu-bersama-secangkir-kopi 😀😀** https://www.federaloil.co.id/amp-detail/umum/3371-laporan-blogger-peserta-federal-oil-goes-to-sepang-apa-enaknya-nonton-motogp-2# 😀😀** https://www.youtube.com/channel/UCW6t_nUm2OIfGuP8dfGDIAg 😀😀** https://www.instagram.com/mawansidarta https://www.facebook.com/mawan.sidarta https://twitter.com/MawanSidarta1

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Duh Sedapnya, Steak Lele Ditemani Sayur Trancam

26 April 2021   18:38 Diperbarui: 26 April 2021   21:25 524 3 2
Lihat foto
Duh Sedapnya, Steak Lele Ditemani Sayur Trancam
Endul surendul, Steak Lele dipadu Sayur Trancam (Dokumentasi Mawan Sidarta)

Ikan lele atau yang bernama ilmiah Clarias batrachus mudah kita temukan di tengah masyarakat kita. Ikan bersungut yang juga disebut cat fish itu dagingnya bisa dikonsumsi dengan beragam olahan. 

Selama ini daging lele paling hanya dimasak menjadi lele goreng, sambal (pecak) lele dan mangut lele. Bosan donk itu-itu saja. Saya mencoba lebih berkreasi agar menu berbahan baku daging lele tadi menjadi tak biasa. 

Sebelum kita intip kreasi yang "tak biasa" dari olahan daging lele, tak ada salahnya kita tampilkan informasi seputar manfaat dan kandungan gizi (nutrisi) daging lele. 

Berikut ini manfaat dan kandungan gizi daging lele

Daging lele kaya akan asam lemak omega-3. Bersama omega-6 akan berpengaruh baik dalam menurunkan risiko penyakit kronis yakni kanker, hipertensi, jantung dan rheumatoid artritis (peradangan). 

Daging lele banyak mengandung protein yang berperan dalam membangun massa otot dan meningkatkan kekebalan tubuh. Dari 53 persen total kandungan kalori 3 ons lele yang dimasak (sekitar 63 kalori) merupakan protein. Jumlah itu dapat memenuhi 28 persen dari kebutuhan protein harian untuk pria dan 34 persen dari kebutuhan protein wanita. 

Daging Lele banyak mengandung vitamin B12 yang berperan memelihara kesehatan syaraf dan pembentukan sel darah merah. Setiap 3 ons daging lele mengandung 2,3 mikrogram vitamin B12 atau hampir 100 persen dari 2,4 mikrogram kebutuhan vitamin B pada pria dan wanita dewasa. 

Daging lele banyak mengandung vitamin D yang diperlukan untuk penyerapan fosfor dan kalsium di dalam tulang. 

Daging lele banyak mengandung magnesium yang berperan mengurangi peradangan, resiko diabetes tipe 2 dan menguatkanku tulang. Setiap mengonsumsi 143 gram daging lele dapat membantu memenuhi kebutuhan akan magnesium sekitar 10 persen. 

Daging lele banyak mengandung zat besi yang merupakan komponen hemoglobin yang berperan mengikat oksigen di dalam darah. Pada setiap porsi ikan lele sekitar 143 gram mengandung sebanyak 0.50 miligram zat besi. 

Daging lele banyak mengandung kalsium yang berperan menjaga kesehatan tulang, gigi, otot, sel dan saraf agar berfungsi secara optimal. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN