Luna Septalisa
Luna Septalisa Administrasi

Lahir 1 September 1994 | Perempuan Introvert | Suka membaca, menulis, dengar musik, berenang | Amatiran yang masih belajar menulis | kunjungi : https://lunaseptalisa.wordpress.com/ (blog pribadi) | email : lunasepta@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Ngabuburit di Rumah Aja? 6 Kegiatan Berikut Bisa Membuat Ngabuburit Lebih Berfaedah

27 April 2021   17:21 Diperbarui: 27 April 2021   17:24 533 16 8
Lihat foto
Ngabuburit di Rumah Aja? 6 Kegiatan Berikut Bisa Membuat Ngabuburit Lebih Berfaedah
ilustrasi warga Jogja sedang ngabuburit di Alun-Alun Kota | sumber gambar : jejakpiknik.com

Ngabuburit adalah tradisi atau kegiatan yang identik dilakukan di bulan Ramadan. Biasanya dilakukan sambil menunggu waktu berbuka tiba.

Ngabuburit biasa diisi dengan melakukan berbagai kegiatan, seperti berburu takjil, jalan-jalan santai, melakukan kegiatan sosial, wisata religi, berkumpul dengan keluarga atau teman-teman dan sebagainya.

Asal-usul kata ngabuburit sendiri terdapat dalam Kamus Bahasa Sunda yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda (LBSS). Berasal dari kalimat, "ngalantung ngadagoan burit" yang berarti bersantai sambil menunggu waktu sore.

Seiring berjalannya waktu, istilah ngabuburit akhirnya lazim digunakan untuk menyebut kegiatan-kegiatan yang dilakukan di sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Jika kondisi normal, kegiatan ngabuburit tentu bisa dilakukan di luar rumah.

Masjid-masjid, taman-taman dan tempat-tempat umum lainnya ramai dengan orang-orang ngabuburit.

Pengajian-pengajian bahkan safari ramadan juga kerap dilakukan oleh instansi pemerintah, swasta sampai organisasi mahasiswa. Selain untuk ngabuburit, kegiatan-kegiatan seperti itu juga menjadi ajang silaturahmi kepada sesama umat Muslim.

Kondisi pandemi yang belum usai membuat kegiatan-kegiatan ngabuburit di luar menjadi lebih terbatas. Jangan sampai ada kerumunan massa dan harus mematuhi protokol kesehatan.

Akhirnya kegiatan ngabuburit jadi lebih banyak dilakukan di rumah.

Walaupun di rumah aja, bukan berarti kita cuma bisa bengong nggak ngapa-ngapain kan? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN