Mayangthika
Mayangthika Guru

Tetaplah belajar, menulis dan melahirkan sebuah karya yang suatu saat diakui oleh dunia. Setiap karya yang kita lahirkan punya takdirnya masing-masing.

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Manfaat Air Nabeez Selama Puasa

14 April 2021   07:15 Diperbarui: 14 April 2021   07:52 472 6 1
Lihat foto
Manfaat Air Nabeez Selama Puasa
Sumber : Sehatq

Waktu selalu berjalan lebih cepat dari perkiraan. Tidak terasa kita sudah memasuki bulan Ramadan, bulan penuh Rahmat dan bulan yang selalu kita tunggu-tunggu.

Banyak tradisi yang biasa kita lakukan di bulan ini bersama keluarga. Mulai dari sahur, sholah subuh berjamaah, ngabuburit, buka puasa bersama, dan tarawih di masjid dekat rumah. 

Tapi biasanya saya dan keluarga mencari masjid yang besar, karena lebih ramai jamaahnya dan menjadi lebih bersemangat.

Ada hal unik yang selalu terjadi selama ramadan, yaitu jadwal buka puasa bareng teman-teman yang semakin mendekati hari raya itu semakin penuh. Dan murojaah yang biasanya hanya satu lembar satu hari, namun di bulan Ramadan justru satu hari diusahakan satu juz agar pas hari ke tigapuluh itu khatam. Maa syaa Allah, jadi semakin rindu Ramadan hati ini.

Hal selanjutnya adalah mengisi penuh persediaan makanan. Stock buah dan sayur di borong untuk 3-4 hari. Lemari es selalu penuh dengan buah, sayur, dan berjajar minuman dingin dalam botol.

Selama menjalankan puasa, selain makan makanan yang kaya akan serat dan banyak minum air putih, saya dan keluarga selalu membuat air nabeez. Yaitu air rendaman kurma yang kaya akan manfaatnya.

Di antaranya adalah dapat membantu menyeimbangkan kandungan asam dalam tubuh,  membantu tubuh mengeluarkan racun-racun yang masuk penyebab penyakit dan karena pola makan yang berubah maka sistem pencernaan tubuh pun berubah maka air nabeez ini sangat bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan tubuh

Bahan yang harus disiapkan yaitu wadah tertutup, air matang dan bersih, dan tentunya kurma. Untuk jenis kurma yang digunakan tergantung selera, biasanya saya menggunakan jenis yang paling sering ditemukan di toko swalayan.

Cara membuat air nabeez ini sangat mudah yaitu:

  • Tuangkan air matang ke dalam wadah.

Wadahnya tergantung  jumlah keluarga. Kalau saya biasanya bikin untuk 5 anggota keluarga. Jadi bikin di 2 wadah air ukuran 1 Liter. Jangan lupa wadahnya yang ada tutupnya ya.

  • Masukkan kurma yang sudah dibuang bijinya (biasanya saya masukkan ke wadahnya itu yang ganjil jumlahnya) dan carik-carik isi kurma sebelum di masukkan.
  • Diamkan selama 8-12 jam. 

Saya masukkan ke dalam lemari es agar pada saat diminum itu rasanya lebih yummy. Dan agar tahan lama juga. Karena air nabezz yang dimasukkan ke dalam lemari es itu bertahan hingga 2-3 hari. Namun bila tidak dimasukkan ke dalam lemari es hanya bertahan selama 12 jam.

  • Air nabeez siap dinikmati

Teman-teman semua bisa mencobanya di rumah, agar puasanya lebih kuat dan tahan lama. Dan tidak lupa sertakan niat yang kuat juga karena Allah ya.

Semoga Menginspirasi.

VIDEO PILIHAN