Ruth Lana Monika
Ruth Lana Monika Wiraswasta

Penulis lahir di Jakarta. Seorang ibu rumah tangga yang sedang berusaha kembali mengasah talenta menulis dan belajar blogging.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Koleksi Seru Army dari BTS

5 Mei 2021   13:39 Diperbarui: 5 Mei 2021   13:49 314 4 1
Lihat foto
Koleksi Seru Army dari BTS
via kompas.com

Saat ini rasanya hampir semua orang memiliki idola. Masing-masing pribadi mempunyai alasan dalam mengidolakan seseorang atau sekelompok grup. Ada yang kagum dengan kemampuan olah vokal atau keahlian bermain instrumen yang dimiliki seorang musisi serta kemampuan akting yang diperankan saat menjadi aktor. Tak sedikit pula yang tergila-gila kepada seorang bintang karena paras cantik dan tampan yang mereka miliki. Idola yang dipuja karena kepribadiannya dan perjalanan karirnya pun tak sedikit, salah satunya adalah BTS

BTS adalah salah satu grup idol paling dikenal dari Korea Selatan. Tidak hanya populer di negaranya sendiri, namun BTS juga berhasil mencuri perhatian dunia lewat lagu-lagu dan juga penampilan mereka. BTS merupakan singkatan dari Bangtan Boys atau Bangtan Sonyeondan yang artinya "Bulletproof Boy Scouts". Nama boyband ini diartikan sebagai "sekumpulan cowok tahan peluru". Nama boyband ini mengandung arti melindungi para remaja dan orang-orang yang berusia 20 tahunan dari kerugian sosial dan penindasan yang menyerang mereka seperti peluru.

Prestasi BTS 2017-2021
Boyband yang dibentuk oleh Big Hit Entertainment ini pernah meraih penghargaan Billboard Music Awards 2017 sebagai Top Social Artist. Pada tahun 2018 BTS diundang untuk menghadiri dan menyampaikan pidato pada sidang PBB. Dan di awal tahun 2019, Billboard mencatatkan nama BTS dalam posisi pertama daftar World Album tahun 2019. 

Tahun 2020 BTS juga banyak mengukir prestasi BTS berhasil meraih Favorite Duo/Group kategori Pop/Rock dan Favorite Social Artist di American Music Awards 2020. 

Dalam ajang MTV VMAs 2020, BTS meraih empat penghargaan sekaligus. Mereka menang dalam kategori Best K-Pop, Best Pop, Best Choreography, dan Best Group. BTS meraih #1 di Billboard HOT 200 dengan empat album yang berbeda. Semua dicapai dalam waktu yang lebih singkat daripada grup mana pun, termasuk The Beatles. 

Dalam Billboard Music Awards 2020, BTS membawa pulang dua piala. Di antaranya Top Social Artist (4 tahun berturut-turut) dan Top Duo/Group. Map of the Soul: 7 berhasil memecahkan Guinness World Records untuk album terlaris tahun ini. Hanya dalam waktu 9 hari, album ini terjual 4,1 juta kopi secara global. "Dynamite" memecahkan tiga Guinness World Records, yaitu video YouTube terbanyak ditonton, MV terbanyak ditonton, dan MV KPop terbanyak ditonton selama 24 jam. "Dynamite" berhasil menempati #1 di chart Billboard HOT 100. 

Tak hanya sekali, tetapi tiga kali. Lagu ini bahkan bertahan di chart hingga belasan minggu setelah rilis. Menyusul "Dynamite", "Life Goes On" berhasil menempati #1 di Billboard HOT 100 di minggu pertama. Hampir semua lagu di album BE juga masuk ke chart tersebut. Di penghujung tahun, BTS dinobatkan menjadi Entertainer of the Year oleh TIME Magazine. Mereka mengatakan bahwa BTS adalah band terbesar dan paling berpengaruh di dunia. Setelah dinantikan selama bertahun-tahun, BTS akhirnya menjadi salah satu nominasi Grammy Awards 2021. Mereka masuk ke dalam kategori Best Pop Duo/Group Performance.

ARMY, Penggemar BTS
Setiap idola mempunyai penggemarnya tersendiri, termasuk BTS yang mempunyai fans dengan sebutan ARMY. Sebutan ini memiliki kepanjangan yakni Adorable Representative M.C for Youth. ARMY mengartikan bahwa BTS adalah MC untuk anak muda dalam hal musik terutama yang mengusung aliran hip hop. 

Army juga merupakan gabungan dari kata "armor" dan "military" yang berarti bahwa ARMY sebagai fans akan selalu setia pada BTS dan akan melindungi BTS seperti sebuah pelindung dalam dunia militer. 

BTS terbilang sangat peduli pada ARMY-nya dan mereka menunjukkan cintanya kepada ARMY dengan merilis sebuah lagu khusus untuk ARMY berjudul 2! 3! Oleh karena itu, untuk menunjukkan dukungan kepada BTS sebagai besar ARMY mempunyai hobi mengoleksi album dan merchandise BTS. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN