KOMENTAR
Sehat dan Gaya Pilihan

Mana Benar, Sifat Orang Terlihat dari Benda Koleksinya atau Sifat Benda yang Pengaruhi Orangnya?

5 Mei 2021   03:20 Diperbarui: 5 Mei 2021   03:36 370 6

Siapapun paham bahwa buku bacaan mengandung arti, sebuah benda yang dibaca untuk menambah wawasan pembacanya. Jadi kalau dikatakan ada orang yang hobi mengkoleksi buku, maka orang itu memiliki sifat senang dengan hal-hal baru.

Kolektor buku dikatakan juga adalah orang-orang cerdas. Itu tentu senada dengan fungsi dan manfaat buku yang memang bertujuan mencerdaskan orang yang gemar membacanya.

Dalam beberapa artikel yang ada, kerap dimuat soal kepribadian seseorang itu bisa dilihat dari barang-barang koleksinya.

Misalnya selain pengoleksi buku yang dikatakan adalah orang yang suka akan hal-hal baru dan cerdas, kolektor miniatur mobil, disebut adalah mereka yang suka dengan dunia otomotif. Itu pasti!

Kecilnya miniatur mobil, kemudian diartikan bahwa seseorang itu memiliki sifat atau kepribadian yang suka memperhatikan segala hal yang sangat detail. Kecocokan itu terjadi karena yang dikoleksi adalah mobil dalam bentuk mini. Mini sendiri memiliki arti sesuatu yang kecil.

Sebenarnya, tak perlu dijelaskan secara gamblang pun, orang sudah tahu bahwa yang namanya kolektor alat musik, dia pasti memiliki sifat atau kepribadian yang suka dengan hal-hal berbau dunia seni, seni suara pastinya.

Pun, ada juga yang menyebut, jika ada seseorang yang hobi mengoleksi lego, maka dia dikatakan sebagai orang yang suka keramaian dan mudah interaksi dengan orang lain.

Mari kita ulas sifat atau bentuk dari benda bernama lego itu. Lego adalah sebuah mainan menyusun bentuk dari satu bagian berupa kepingan-kepingan yang terpisah, lalu disatukan sama lain sesuai bentuknya.

Banyaknya jumlah kepingan lego itu, dimaknai sebagai keramaian. Ketika orang itu menyatukan kepingan-kepingan lego tersebut, maknanya pun disamakan dengan arti interaksi.

Ada pula kolektor boneka. Nah, karena boneka itu identik dengan perempuan, maka siapa pun dia yang hobi mengoleksi boneka maka dia disebut sebagai orang yang ramah dan penyayang. Makna itu tercipta memang dari sifat atau kepribadian perempuan yang memang ramah serta penyayang.

Makna lain mengenai orang yang hobi mengoleksi boneka disebutkan kalau dia itu seseorang yang senang beraktivitas dan cukup aktif. Pecinta boneka juga dikatakan adalah orang yang menyukai keseimbangan dan menyukai waktu menyendiri yang tenang.

Korelasi senang beraktivitas dan cukup aktif, jika dipadankan dengan cara orang bermain boneka, ya itu, mereka pasti aktif menggerakan boneka-boneka kesayangannya tersebut.

Soal dia adalah orang penyendiri, masuk akal juga, karena dia sedang tidak dengan orang, tetapi sedang sendiri dan hanya ditemani koleksi bonekanya.

Masih ada juga tentang sifat atau kepribadian orang yang diketahui dari koleksi barangnya, yakni jam tangan. Disebutkan, mereka yang hobi mengoleksi jam tangan adalah orang yang disiplin.

Munculnya sifat atau kepribadian orang itu disipilin karena mengoleksi jam tangan, memang seirama dengan sifat jam tangan itu sendiri sebagai penunjuk waktu. Dia tetap disiplin berputar sebagaimana cara kerja dari jam tangan tersebut.

Sifat lain dari orang yang hobi mengoleksi benda juga ada pada kolektor sepatu. Disebutkan, pengoleksi sepatu itu dilihat dari jenis sepatunya. Kalau dia hobi koleksi sepatu boots, maka orang itu dikatakan memiliki karakter yang kuat dan tegas serta menyukai tantangan. Ini pasti dikaitkan dengan sifat dari sepatu boots itu sendiri yang memang kuat, keras dan tahan lama. Para pengguna sepatu boots, diketahui memang adalah orang gemar menjelajah. Namanya penjelajah pasti menyukai tantangan.

Sebenarnya masih banyak lagi sifat atau kepribadian orang bisa diketahui dari benda-benda koleksinya.

Saya sendiri mencoba menganalisis sendiri sifat dari istri saya yang hobi mengoleksi alat-alat dapur. Ada panci, wajan, sodet, blender, sendok, garpu, piring, gelas, pisau, talenan, penggorengan, cobek dan masih ada lainnya.

Karena istri saya hobi mengoleksi barang-barang tersebut, jadi kalau saya kaitkan dengan sifat dari barang-barang tadi, maka istri saya itu orangnya suka keramaian, karena yang dikoleksi banyak.

Kedua, istri saya rajin, karena yang dikoleksi tak hanya satu. Ketiga, istri saya kuat, karena alat-alat dapur tersebut benda keras yang kuat. Tajam dan kritis seperti pisau. Siap menampung keluhan orang, seperti panci atau penggorengan yang selalu menampung air atau minyak. Suka berputar-putar kalau bicara seperti blender yang berputar mesinnya ketika menghaluskan bumbu dapur, dan masih banyak sifat lainnya sesuai alat-alat dapur yang dikoleksinya.

Apa betul begitu? Saya sendiri tidak tahu. Karena berdasarkan artikel yang saya baca, saya hanya mencoba menganalisis sendiri. Soal siapa pun, mengoleksi apa pun, yang jelas cuma dia yang tahu sifat atau kepribadiannya seperti apa.

Apa iya pengoleksi hewan buaya, dia bisa disebut buaya darat? Tuh kan, salah deh hehehe.

Ciledug, 5 Mei 2021





KEMBALI KE ARTIKEL