KOMENTAR
Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Berburu Berkah Ramadan dengan Al Quran dan Kuliner

15 April 2021   11:23 Diperbarui: 15 April 2021   11:45 438 11


Pintu-pintu pahala telah Allah buka dengan datangnya bulan Ramadhan. Setiap orang mulai membuka diri untuk dapat memperoleh keberkahan di bulan nan suci ini.

Mesjid dan mushola mulai ramai dengan aktivitas peribadatan. Seiring dengan dispensasi dari pemerintah untuk dilaksanakannya Shalat Tarawih dan Shalat Idul Fitri di rumah ibadah tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Umat muslim bergembira karena hal ini berarti kesempatan terbuka untuk berburu berkah Ramadhan. Menyucikan diri dan lebih mendekatkan diri kepada Sang Khalik atas segala cobaan yang terjadi setahun belakangan ini.

Shalat berjamaah di mesjid dan memperbanyak dzikir serta sedekah selama berpuasa adalah aktivitas yang biasa dilakukan oleh setiap umat Muslim.

Tapi sebenarnya ada aktivitas yang dapat dilakukan lebih baik dalam memburu berkah Ramadhan. Yaitu melalui Al Qur'an dan Kuliner. Mari simak satu persatu.

Memperdalam dan Berbagi Ilmu Al Qur'an

Dari Utsman bin Affan ia berkata; Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Orang yang paling utama di antara kalian adalah seorang yang belajar Al Quran dan mengajarkannya." (HR. Bukhari) No. 4640. Shahih.

Ada dua hal penting dalam hadist di atas yang menunjukkan pentingnya menambah pengetahuan dan skill tentang ilmu Al Qur'an. Belajar dan mengajar.

Kemampuan membaca Al Qur'an dan memahami isinya adalah salah satu kewajiban bagi kita selaku umat muslim. Ini adalah kesempatan untuk menperdalam, mumpung kadar keimanan kita sedang naik.

Banyak hal bisa dilakukan dengan meluangkan waktu berbincang dengan para pemuka agama di lingkungan tempat tinggal kita. Pasti mereka berkenan mengajarkan untuk membaca dan memahami Ilmu Al Qur'an. Apalagi di bulan suci ini. Syukur, kalau memang mesjid di tempat tinggal kita memang membuka kelas belajar.

Jika mau melalui online juga bisa browsing lewat google ataupun youtube. Banyak tersebar disana video yang mengajarkan tentang pengetahuan ini. Yang penting niat dan lakukan.

Untuk Anda yang tergolong paham tentang Ilmu Al Qur'an. Inilah kesempatan memperdalam dan meningkatkan keterampilan dalam mengajar.

Dengan mengajar, ilmu juga akan semakin terasah dengan baik. Anda juga akan terpaksa membuka kembali buku-buku materi tentang Al Qur'an agar kajian menjadi lebih berbobot.

Belajar, Berjualan dan Berbagi Kuliner

Minat akan pengetahuan tentang kuliner terutama kaum wanita biasanya meningkat di bulan Ramadhan. Kuliner disini bukan saja terkait makanan tetapi juga minuman.

Berbagai menu makanan baru coba dibuat untuk mengisi waktu selama berpuasa. Bertanya kepada tetangga ataupun saudara yang dianggap pandai memasak menjadi hal yang biasa. Selain browsing sendiri melalui google tentu saja.

Bagi yang sudah merasa pede dengan makanan atau minuman yang dibuat. Dapat meningkatkan keahlian marketingnya dengan menjual kulinernya. Sehingga dapat menambah pemasukan keluarga.

Anda dapat menjualnya langsung di depan rumah atau pinggir jalan dengan mempercantik kuliner buatannya. Sehingga menarik minat para pembeli.

Selain itu anda juga dapat menjualnya secara online dengan memaksimalkan fumgsi hp anda. Dengan banyaknya platform toko online dan jasa pengiriman akan memudahkan anda berjualan.

Keahlian yang juga jangan sampai lupa diperdalam adalah 'skill untuk berbagi'. Kepedulian akan sesama yang membutuhkan harus terus digali. Jangan lupa untuk membagikan makanan karya anda untuk fakir miskin ataupun orang yang berbuka puasa.

Dari kelezatan makanan yang anda sajikan baik di mesjid untuk jamaah yang berbuka puasa ataupun di jalanan. Mungkin akan menjadi jalan promosi untuk produk anda agar lebih maju.

Mari berburu keberkahan Ramadhan dengan terus menambah pengetahuan dan keterampilan tentang Al Qur'an dan Kuliner. Agar tercipta keseimbangan antara duniawi dan ukhrawi. Untuk kehidupan dan kematian yang lebih baik.


Tangerang, April 2021
Mahendra Paripurna

KEMBALI KE ARTIKEL