KOMENTAR
Tebar Hikmah Ramadan

Olahraga Saat Puasa, Siapa Takut!

29 April 2021   16:45 Diperbarui: 29 April 2021   16:51 228 9


Tak terasa sudah masuk hari ke tujuh belas di bulan Ramadan. Sudah separuh perjalanan kita menjalankan ibadah puasa. Agar tetap semangat puasa sampai akhir, pastikan tubuh dalam keadaan sehat dan bugar ya. Makanya, penting banget untuk tetap rutin olahraga meski sedang puasa.

Manfaat Olahraga Saat Puasa

Puasa sebenarnya bukan halangan untuk berhenti berolahraga. Justru semakin disarankan. Ini karena olahraga saat puasa ini punya banyak manfaat lho, yaitu :

1. Melancarkan pencernaan

Manfaat olahraga saat puasa berikutnya adalah dapat melancarkan pencernaan. Meskipun saat puasa sistem pencernaan pada tubuh ikut beristirahat karena tidak adanya asupan makanan ataupun minuman yang masuk, dengan olahraga sirkulasi darah di dalam tubuh kita akan tetap lancar.

2. Turunkan berat badan berlebih

Selain melancarkan pencernaan, manfaat olahraga saat puasa juga dapat menurunkan berat badan berlebih.

Melakukan olahraga yang dilakukan dengan durasi dan cara yang tepat dapat membantu kita menurunkan berat badan.

3. Tubuh tetap sehat dan bugar

Melakukan olahraga dibulan puasa terbukti bisa membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Padukan dengan makanan bergizi saat sahur dan berbuka ya.

4. Menghilangkan stres

Manfaat olahraga saat puasa yang tak kalah penting adalah dapat menghilangkan stres. Gerakan yang tidak monoton dan interaksi yang dilakukan saat berolahraga dipastikan dapat menghilangkan rasa stres yang ada.

Jika seharian kamu sudah dipenuhi dengan kepadatan aktivitas, sempatkan diri untuk memilih olahraga yang cocok untuk kita lakukan. Beragam latihan yang menyenangkan dapat kita temukan dan coba langsung untuk menghilangkan stres. Mulai dari yoga, jalan santai atau bersepeda keliling kompleks.

5. Meningkatkan sensitivitas insulin

Olahraga saat berpuasa dapat meningkatkan kinerja hormon, salah satunya hormon insulin. Seperti diketahui, insulin merupakan hormon alami tubuh yang diproduksi oleh pankreas. Salah satu fungsi hormon ini adalah mengelola penggunaan glukosa dalam tubuh sehingga dapat diubah menjadi energi.

Dengan berkeringat dan berolahraga, sensitivitas insulin akan meningkat dan membuat tubuhmu berenergi. Tetap olahraga saat puasa juga dapat memicu produksi hormon pertumbuhan yang berperan membentuk jaringan otot, membakar lemak, dan meningkatkan kepadatan tulang.

6. Meningkatkan fungsi kognitif dan konsentrasi

Saat berpuasa, utamanya di siang hari, Kita biasanya akan lebih mudah mengantuk dan merasa lelah. Akibatnya, aktivitas dan konsentrasi saat bekerja atau belajar pun menjadi terganggu.

Untuk mengatasi hal ini, tak ada salahnya kita menggerakkan tubuh dengan cara melakukan olahraga ringan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Universitas California, olahraga ringan dapat meningkatkan fungsi kognitif dan konsentrasi. Sebab, dengan olahraga, komunikasi antara hippocampus dan daerah otak kortikal akan meningkat. Hasilnya, konsentrasi dan daya ingat manusia juga akan terasah.

Tips Olahraga Saat Puasa

Puasa bukan jadi alasan untuk tidak berolahraga lho. Tahukah kamu dengan tetap aktif berolahraga selama Ramadan kamu bisa memperoleh banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kamu selama puasa.

Penelitian menyatakan, ketika berpuasa, tubuh akan beradaptasi untuk proses pembakaran lemak dan penyimpanan karbohidrat dalam otot dan hati. Sehingga, tubuh tidak cepat lemas saat asupan glukosa rendah, karena tubuh memiliki cadangan makanan untuk diolah.

Nah agar tetap rutin olahraga tanpa mengganggu ibadah puasa, perhatikan tips berikut ya.

1. Pilih olahrga ringan, misalnya jalan santai, yoga atau bersepeda

2. Olahraga di sore hari, pilih waktu mendekati berbuka. Ya anggap aja ngabuburitan sambil olahraga.

KEMBALI KE ARTIKEL