Khasbi Abdul Malik
Khasbi Abdul Malik Guru

Panikmat Karya dalam Ribuan Tumpukan Kertas.

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

3 Tips Mudik Jalur "Tol Langit"

16 Mei 2020   16:00 Diperbarui: 16 Mei 2020   16:00 434 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
3 Tips Mudik Jalur "Tol Langit"
nasional.kompas.com

Masih ingat dengan "Tol Langit" versi Wakil Presiden terpilih kyai Ma'ruf Amin, dalam salah satu debat capres 2019 silam. Ternyata, saat ini menjadi solusi mudik lewat jalur tol langit.

Istilah ini kemudian mencuat dan sempat menjadi gurauan warganet. Dikutip dari tekno.kompas.com, akhirnya tol langit diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Senin (14/10/2019).

Proyek ini, dikabarkan sempat mangkrak satu dekade lamanya, sejak diwacanakan pada tahun 2007. Namun, upaya bapak Presiden kembali dikerahkan dengan pengoprasian proyek Palapa Ring.

Dari Wahyunanda Kusuma Pertiwi, dilansir tekno.kompas.com, bahwa tol langit merujuk pada Palapa Ring, yaitu infrastruktur internet yang terdiri atas kabel optic, microwave, dan menara BTS 4G.

Upaya tersebut dilakukan demi mewujudkan pemerataan akses telekomunikasi dan informasi, terkhusus daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T). Selain itu, menjadi ladang lahirnya lebih banyak peluang usaha berbasis internet.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, kini telah memulai tender proyek Palapa Ring yang dibagi menjadi tiga peket, di antaranya Palapa Ring Barat, Palapa Ring Tengah, dan Palapa Ring Timur.

Di tengan pandemi seperti ini, ada kalanya anjuran seperti mudik online dinarasikan. Bahkan digaungkan di semua media mainstream, meskipun pada pelaksanaannya terkadang jauh dari ekspektasi yang ada.

Tetapi, tanpa disadari. Tanpa harus dinarasikan atau digaungkan. Mudik online, pada dasarnya telah dilakukan masyarakat Indonesia. Bahkan ini menjadi kegiatan harian bagi yang terhalang oleh jarak, seperti anak rantau.

Ada beberapa hal, patut diperhatikan agar tetap dapat melakukan mudik jalur tol langit. Berikut solusinya;

Akses Internet

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan