kaekaha
kaekaha Wiraswasta

... penikmat budaya nusantara, buku cerita, kopi nashittel (panas pahit kentel) serta kuliner berkuah kaldu ... ingin sekali keliling Indonesia! Email : kaekaha.4277@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Kojima Solusi Praktis Gaya Hidup Sehat ala Rasulullah

20 April 2021   23:35 Diperbarui: 21 April 2021   00:00 1326 27 0
Lihat foto
Kojima Solusi Praktis Gaya Hidup Sehat ala Rasulullah
KOJIMA Madu dengan 3 Kebaikan | @kojima_id

Segala sesuatu yang datang dari Rasulullah SAW, Insha Allah pasti baik. 

Itulah keyakinan umat Islam yang menjadi dasar berusaha semaksimal mungkin mengikuti gaya hidup beliau semaksimal mungkin, termasuk salah satunya adalah gaya hidup sehat ala Rasulullah SAW yang terbukti menjadi salah satu alasan seumur hidupnya beliau sangat jarang mengalami sakit.

Diantara sekian banyak tips gaya hidup sehat ala Rasulullah, salah satunya yang bisa dicontoh dan diikuti oleh sebagian besar umat adalah kebiasaan beliau mengonsumsi kurma, jintan hitam atau habattussauda dan madu.

Baca Juga :  Es Belungka Batu Teman Berbuka Puasa dari Kota 1000 Sungai

Bagi masyarakat nusantara, ketiga jenis bahan pangan diatas tentu sudah sangat familiar, termasuk buah kurma meskipun kita kenal mempunyai habitat di kawasan gurun dan terbayak tumbuh di Timur Tengah, tapi beragam jenis buahnya relatif mudah didapatkan di Indonesia, karena sudah banyak pedagang yang menjualnya dengan berbagai kemasan dan tingkatan harga.

Kurma | @kojima_id
Kurma | @kojima_id

Kurma si-Penjaga Imun dan Sumber Energi

“Dari Anas bin Malik, ia berkata : Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah), jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air“

HR Abu Dawud (no. 2356), Ad-Daruquthni (no. 240) dan Al-Hakim (I/432 no. 1576). Dihasankan oleh Imam Al-Albani dalam Irwa-ul Ghalil fi Takhrij Ahaadits Manaaris Sabiil IV/45 no. 922.

Rasulullah membiasakan diri mengonsumsi kurma, terlebih lagi untuk berbuka puasa. Bahkan, dalam hadits diatas Rasulullah begitu detail menyebutkan urutan "skala prioritas" bahan makanan untuk berbuka puasa. Luar biasanya, ternyata penelitian pangan modern membuktikan manfaat luar biasa mengonsumsi kurma saat berbuka puasa. 

Menurut penelitian, pilihan skala prioritas Rasulullah dalam berbuka puasa diatas, ternyata merupakan cara pengaturan yang sangat teliti. Aktifitas puasa yang mengosongkan perut dari makanan, menyebabkan liver (hati) tidak mendapatkan suplai makanan dari perut, sehingga tidak dapat mengirimkannya ke seluruh sel-sel tubuh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN