Irhamna  Mjamil
Irhamna Mjamil Apoteker

Pharmacist | Skincare Enthusiast | Writer Saya bisa dihubungi melalui email : irhamnamjamil@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Berkat Menorrhagia di Puasa Tahun Lalu, Kini Gaya Hidupku Lebih Sehat di Puasa Tahun 2021

23 April 2021   12:00 Diperbarui: 23 April 2021   12:09 375 11 3
Lihat foto
Berkat Menorrhagia di Puasa Tahun Lalu, Kini Gaya Hidupku Lebih Sehat di Puasa Tahun 2021
Foto oleh Nathan Cowley dari Pexels

Ramadhan tahun lalu aku sedang berjuang dengan penyakit menorrhagia. Penyakit yang terjadi akibat kelebihan berat badan sehingga berpengaruh terhadap hormonal. Salah satu gejala dari penyakit ini adalah darah haid yang berlebihan. 

Periode darah haid sendiri lebih panjang dari biasanya, bisa sampai 2 minggu. Nah, di aku sendiri mencapai 1 bulan. Ya, kamu tidak salah mendengar, 1 bulan aku mengalami haid tanpa henti. 

Bukan hanya itu, yang paling menyebalkan dari penyakit ini adalah harus mengganti pembalut setiap 4 jam sekali. Bahkan saat sedang tidur sekalipun. Jika tidak? Maka sprei dan bantal akan berubah menjadi warna merah. 

Setelah konsultasi dengan dokter kandungan maka aku diberikan obat hormonal dan harus menurunkan berat badan hingga 10 kg dari berat badan awal. Apa diet susah? Awalnya memang iya namun, lama-kelamaan gaya hidup sehat akan menetap. 

Ada 6 tips dari aku untuk menjaga berat badan dan belajar menerapkan gaya hidup sehat. 

1. 20% hidup tidak sehat, 80% hidup sehat. 

Rumus 20:80 ini penting agar kita tidak jenuh dengan kebiasaan hidup sehat. Makan sayuran, lauk pauk tahu dan tempe, minum jus, tentu akan membosankan bukan jika harus dijalankan seumur hidup? Kalau kata anak muda, tidak menikmati hidup. 

Jika memang dalam sehari ingin berbuka puasa dengan bakso atau minum minuma kekinian ya tidak apa-apa. Tapi ingat jatah untuk hidup tidak sehat hari tersebut sudah berakhir, jadi untuk selanjutnya makanan yang dimakan harus sehat. Hidup sehat tetap bisa bersenang-senang kok, masih bisa menikmati minuman boba kekinian, masih bisa mengikuti tren YOLO "You Only Live Once". 

pexels-daria-shevtsova-1458671-60824a578ede480c335d4bd2.jpgFoto oleh Daria Shevtsova dari Pexels

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN