Ichwanul Farissa
Ichwanul Farissa Ilmuwan

"*Dengan Membaca Kamu Mengenal Dunia, Dengan Menulis Kamu Dikenal Dunia"*

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

2 Doa, 5 Ayat, dan 8 Hadits Pilihan Paling Diingat Saat Ramadhan

28 April 2021   19:31 Diperbarui: 28 April 2021   19:41 486 4 0
Lihat foto
2 Doa, 5 Ayat, dan 8 Hadits Pilihan Paling Diingat Saat Ramadhan
Ilustrasi gambar: www.grid.id

Marhaban ya Ramadhan, tahun ini kembali seluruh umat islam di dunia melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Inilah ibadah yang datang setahun sekali yang pastinya paling ditunggu-tunggu. Kesempatan  kepada umat islam yang beriman untuk memperbanyak amalan shalih seperti ibadah, membaca ayat suci al-Quran, dan memperbanyak doa dan kesempatan  untuk bermuhasabah seperti mengingat, merenungi, membaca dan melafazhkan hadits-hadist nabi.

Lalu adakah Doa/Hadits/Ayat Suci Paling Diingat Saat Ramadhan? Buat saya pribadi jelas ada. Ini dia;

1. Ayat tentang Diwajibkan Berpuasa di Bulan Ramadhan

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS al-Baqarah ayat 183)

Dari ayat ini terungkap jika hukum berpuasa di bulan Ramadhan adalah wajib sehingga apabila kita melakukannya akan mendapat pahala dan jika meninggalkan akan berdosa. Dengan pahala akan membawa keselamatan dan dengan dosa akan membawa petaka bagi kehidupan kita baik di dunia dan akhirat.

Dari ayat di atas pula kita mengetahui bahwa:

  • Puasa merupakan ajaran yang dibawa oleh para nabi dan rasul sebelum Nabi Muhammad meskipun pelaksanaannya berbeda.
  • Puasa merupakan masalah keimanan yang sudah ada sejak lama, di mana ia tidak berubah dan berbeda meskipun zaman telah berubah dan berganti.  

2. Ayat dan Hadist tentang Keistimewaan Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan itu bulan yang istimewa yang berbeda dari bulan lainnya, mendapat julukan sebagai bulan seribu bulan dan diturunkannya kitab suci al-Quran. Jadi patut dirindukan dan disambut dengan penuh rasa syukur. Karena di dalamnya, pintu kebaikan terbuka lebar, seluruh amal kebaikan akan dilipatgandakan dan terdapat malam lailatul Qadar yang pahala menyamai pahala seribu bulan.

Terkait hal ini ada satu ayat dan hadist yang melekat dalam ingatan,

"Bulan yang didalamnya diturunkan (permulaaan) al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)." (QS al-Baqarah ayat 185)

Ayat di atas memberi tahu kepada kita bahwa al-Quran, Puasa dan Ramadhan saling berkorelasi. Al-Quran diturunkan sebagai dasar pedoman hidup manusia. Sedangkan puasa disyariatkan untuk mencegah manusia dari perbuatan tercela. Maka bulan Ramadhan adalah sarana melatih diri dan jiwa. Hal ini sangatlah tepat, karena Allah memerintahkan umat islam untuk melatih diri dan jiwa pada bulan diturunkannya dasar pedoman hidup manusia, yakni al-Quran.

Terkait hadits, diriwayatkan secara shahih oleh Al-Bukhari dari Rasulullah bahwa beliau bersabda:

"Apabila bulan Ramadhan tiba, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka dikunci dan setan-setan dibelenggu."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN