H.M.Hamidi
H.M.Hamidi Lainnya

Pekerja Sosial, Pelaku Pemberdayaan, Praktisi Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Coretan Hari ke-26 Ramadan "Kewajiban Pertama Manusia"

8 Mei 2021   17:05 Diperbarui: 9 Mei 2021   22:31 247 5 1

Al Qur'an yang permulaanya diturunkan dari langit pertama ke dunia ditandai dengan Wahyu pertama yang diterima Baginda Nabi Muhammad SAW.

Peristiwa ini terjadi di sebuah gua di daerah hijaz yang dikenal dengan Gua Hira.

Peristiwa inilah awal kenabian dan kerasulan Muhammad SAW, sebagai penutup para nabi, penyempurna ajaran sebelumnya dan rahmat bagi seluruh alam.

Al Qur'an diturun dalam kurun waktu 23 tahun merupakan petunjuk dan pedoman bagi umat manusia sebagai khalifah di muka bumi.

Sebagai pemimpin yang mempunyai tanggungjawab untuk memelihara dan melestarikan alam dan lingkungan serta isinya, kewajiban pertama yang diperintah Allah adalah Membaca (Belajar & Berfikir).

Perintah tersebut diabadikan dalam Al Qur'an surat Al Alaq ayat 1 -5.

"Bacalah dengan menyebut nama tuhanmu yang telah menciptakanmu. Menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, bahwa Tuhanmulah yang maha mulia. Yang mengajarkan manusia dengan perantaraan Qalam. Mengajarkan manusia dari apa apa yang tidak diketahuinya".

Peringatan peristiwa turunnya Al Qur'an yang kita laksanakan setiap tahun di Bulan Ramadhan adalah untuk mengingat peristiwa tersebut agar menjadi pelajaran bagi orang orang yang berfikir.

Firman Allah "Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya siang dan malam merupakan tanda tanda kebesaran Allah, bagi orang orang yang mau berfikir, yaitu orang yang selalu mengingat Allah ketika berdiri, duduk atau terbaring".

Bahkan Allah memuji orang mau belajar dan berfikir dengan meninggikan derajat dibandingkan dengan orang yang tidak mau belajar (tidak berilmu).

Untuk itu, sisa bulan ramadhan yang tinggal menghitung hari ini, kita manfaatkan dengan memperbanyak zikir kepada Allah, bertasbih memuji kebesarannya dan memohon ampunan dan kasih sayangNya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN