Kisah Untuk Ramadan

Memanfaatkan Momen Ramadan untuk Mengabdi

18 Mei 2021   22:09 Diperbarui: 18 Mei 2021   22:25 315 1 1

Bulan Ramadan menjadi bulan yang ditunggu-tunggu bagi seluruh umat muslim di dunia termasuk di Desa Ngletih Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri Jawa Timur. Pada bulan ini menjadi ajang untuk berempati dengan sesama, sehingga banyak kegiatan sosial yang dilaksanakan. Sudah menjadi tradisi pada bulan Ramadan warga di Desa Ngletih memberikan sedikit rejeki baik berupa zakat, memberi makan buka dan sahur bersama, hingga tunjangan hari raya (thr). Pada Ramadan ini saya ikut mengabdi di masjid rumah saya untuk membantu memberikan dan mempersiapkan buka serta sahur bersama.

Sistem dari kegiatan ini yaitu dengan membentuk list donator pemberi makan buka dan sahur selama satu bulan. Sebagai relawan saya memiliki tanggung jawab untuk menyalurkan makanan yang sudah diberikan kepada jamaah masjid. Bentuk makanan yang diberikan bisa dalam bentuk nasi kotak atau ditata rapi dalam piring yang sudah disediakan masjid. Jumlah jamaah yang mengikuti kegiatan ini berkisar 50-80 orang, total donatur 25 orang, dan relawan yang membantu menyajikan sejumlah 10 orang.

Dokpri
Dokpri
Sebagai relawan, persiapan sudah mulai dilakukan sebelum waku berbuka tiba, maksimal sudah berada dimasjid sebelum jam 5 sore. Di waktu 10 hari akhir Ramadan, makanan sahur juga disiapkan oleh panitia sahur bersama dan sudah siap pada jam setengah 3 pagi. Dalam pengabdian ini saya beberapa kali memasak makanan, bertugas menata piring, membagi makanan dan takjil untuk jamaah perempuan dan laki-laki, hingga membereskan perlengkapan buka ketika acara buka bersama sudah selesai.

Kegiatan buka dan sahur bersama ini mendapatkan apresiasi sangat baik dari warga sekitar, dengan adanya kegiatan ini kerekatan antar warga juga semakin terbangun. Adanya kegiatan ini juga membantu masyarakat sekitar yang kurang mampu karena mereka bisa ikut merasakan masakan tanpa perlu mengeluarkan biaya, sehingga uang yang mereka dapatkan bisa mereka simpan untuk keperluan yang lain. Kegiatan buka dan sahur bersama ini alhamdulillah membekas di hati warga sekitar dan akan terus dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya.

VIDEO PILIHAN